5 Golongan yang Akan Mendapat Syafa’at Rasulullah, Kenali dan Jadilah Salah Satunya

By. Miftahul Jannah - 23 Oct 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Syafa’at Rasulullah ﷺ adalah salah satu anugerah terbesar yang diharapkan oleh umat Islam pada hari kiamat. Syafa’at berarti intervensi atau bantuan, dan dalam konteks ini, merujuk pada pertolongan yang diberikan oleh Nabi Muhammad ﷺ kepada umatnya di hadapan Allah SWT. Namun, tidak semua orang berhak mendapatkan syafa’at ini. Berikut adalah beberapa kriteria yang menentukan siapa saja yang berhak menerima syafa’at Rasulullah ﷺ.

 

Baca Juga : Inilah Pengertian Iman kepada Hari Akhir agar Anda Dapat Menguatkan Iman dan Ketakwaan

 

1. Keimanan yang Kuat

 

Orang yang berhak mendapatkan syafa’at Rasulullah ﷺ adalah mereka yang memiliki iman yang kuat kepada Allah dan Rasul-Nya. Ini termasuk orang-orang yang meyakini rukun iman dan rukun Islam. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis, Nabi Muhammad ﷺ bersabda, “Setiap umatku akan masuk surga, kecuali mereka yang enggan.” Para sahabat bertanya, “Siapa yang enggan, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Siapa yang taat kepadaku, ia akan masuk surga. Dan siapa yang durhaka kepadaku, ia telah enggan” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

2. Melakukan Amal Shalih

 

Amal shalih atau perbuatan baik adalah syarat penting untuk mendapatkan syafa’at. Mereka yang rajin beribadah, berbuat baik, dan menolong sesama akan lebih berpeluang mendapatkan syafa’at Nabi ﷺ. Dalam Al-Qur'an, Allah berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shalih, mereka adalah sebaik-baiknya makhluk" (QS. Al-Bayyina: 7).

 

3. Bertaubat dari Dosa

 

Orang yang bertaubat dengan tulus dari dosa-dosanya juga berhak mendapatkan syafa’at. Taubat yang diterima oleh Allah SWT membuka jalan bagi syafa’at Rasulullah ﷺ. Nabi Muhammad ﷺ bersabda, “Setiap anak Adam pasti berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah yang bertaubat” (HR. Tirmidzi).

 

Baca Juga : 5 Dalil tentang Hari Akhir agar Anda Tidak Meremehkan Pentingnya Amal Perbuatan

 

4. Mencintai dan Mengikuti Sunnah Nabi

 

Mencintai Rasulullah ﷺ dan mengikuti sunnah-sunnahnya merupakan tanda keimanan yang sejati. Cinta kepada Nabi ﷺ akan mendatangkan syafa’at. Dalam sebuah hadis disebutkan, “Barangsiapa yang mencintaiku, maka ia akan bersamaku di surga” (HR. Bukhari).

 

5. Mendapatkan Syafa’at Khusus

 

Ada beberapa kategori orang yang akan mendapatkan syafa’at khusus dari Nabi Muhammad ﷺ, antara lain:

 

  • Para Syuhada: Mereka yang mati syahid dalam perjuangan di jalan Allah akan mendapatkan syafa’at.

 

  • Orang-orang yang berdoa kepada Nabi: Dalam hadis disebutkan bahwa mereka yang meminta syafa’at kepada Nabi dengan keyakinan akan dikabulkan.

 

  • Orang yang memiliki hubungan dekat dengan Nabi: Keluarga dan sahabat terdekat Nabi ﷺ juga berhak mendapatkan syafa’at.

 

Baca Juga : 7 Tanda-Tanda Kecil Kiamat agar Anda Tidak Terperdaya oleh Kehidupan Duniawi

 

Syafa’at Rasulullah ﷺ adalah anugerah yang sangat diharapkan oleh setiap Muslim. Untuk berhak mendapatkannya, seseorang harus memiliki iman yang kuat, melakukan amal shalih, bertaubat, mencintai dan mengikuti sunnah Nabi, serta memenuhi kriteria lainnya. Dengan meningkatkan kualitas iman dan ibadah, semoga kita termasuk dalam golongan yang mendapatkan syafa’at Nabi Muhammad ﷺ di hari kiamat kelak.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp