Ayo Daftar!! Ini Dia Haji Plus dan Kelebihannya

By. Dewi Savitri - 28 Apr 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang diidam-idamkan seluruh umat Islam di dunia. Penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia terbagi menjadi 3 yaitu haji reguler, haji khusus atau haji plus, dan haji furoda. Jika haji reguler adalah ibadah haji yang diselenggarakan oleh pemerintah, maka haji khusus atau haji plus adalah ibadah haji yang penyelenggaraannya dilakukan oleh pihak swasta. Meskipun demikian, pelaksanaan haji khusus tetap diawasi oleh Kementerian Agama.

 

Baca Juga: Pilih Haji Reguler? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

 

Haji khusus atau haji plus memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan haji lain. Dikutip dari kumparan.com, beberapa kelebihan yang didapat jamaah jika memilih haji khusus adalah sebagai berikut:

 

1. Kuota dan waktu tunggu

 

Waktu tunggu atau waiting list haji reguler bisa memakan waktu hingga 20 tahunan, tergantung daerah. Hal ini disebabkan oleh kuota haji yang didapat dari pemerintah Arab Saudi tidak sebanding dengan jamaah haji yang mendaftar. Namun dengan haji khusus atau haji plus, jamaah dapat berangkat haji hanya dalam waktu 3 tahun sampai 5 tahun.

 

2. Waktu perjalanan

 

Selain waktu tunggu, waktu perjalanan dan masa tinggal haji khusus atau haji plus di tanah suci juga lebih singkat. Jika perjalanan haji reguler bisa sekitar 40 hari maka perjalanan haji plus hanya sekitar 19 sampai 26 hari saja. Hal ini cocok bagi jamaah yang tidak dapat meninggalkan tanah air terlalu lama karena alasan sakit atau kedinasan.

 

3. Fasilitas

 

Baca Juga: 6 Tips Agar Tidak Tersesat Saat Berhaji di Tanah Suci

 

Fasilitas yang akan didapat jamaah haji plus lebih lengkap dan memadai daripada haji reguler. Misalnya, jarak antara hotel dengan Masjidil Haram lebih dekat daripada hotel haji reguler.

 

4. Muthawif

 

Pada dasarnya, baik jamaah haji reguler maupun jamaah haji khusus atau plus masing-masing akan mendapat muthawif atau pembimbing ibadah haji selama di tanah suci. Namun, karena jamaah dari haji khusus atau haji plus jumlahnya lebih sedikit daripada haji reguler maka muthawif atau pembimbing ibadah haji khusus atau plus akan lebih intensif.

 

Fasilitas dan berbagai kelebihan yang didapatkan jamaah haji khusus atau plus rasanya sebanding denga napa yang mereka bayar. Karena, biaya perjalanan ibadah haji plus jauh lebih mahal daripada haji reguler. Haji khusus atau haji plus sangat cocok untuk calon jamaah yang tidak memiliki waktu yang lama untuk berada di luar negeri. Misalnya seperti jamaah yang memiliki ikatan dinas maupun memiliki keterbatasan kesehatan.

 

Haji khusus atau haji plus diselenggarakan oleh pihak swasta yaitu biro travel haji dan umrah. Karena biaya haji khusus atau haji plus tidaklah murah, maka penting bagi calon jamaah agar lebih selektif memilih biro travel haji dan umrah yang aman dan terpercaya. Batemuri Tour & Travel hadir sebagai jawaban dari kegundahan calon jamaah haji.

 

Bagi kalian yang sedang mencari biro travel haji dan umrah, pilihlah Batemuri Tour & Travel untuk menemani perjalanan ibadah kalian. Selain aman karena sudah memiliki izin Kementerian Agama, Batemuri Tour & Travel juga menyediakan berbagai macam paket untuk ibadah haji dan umrah. Sehingga, jamaah dapat memilih paket perjalanan yang paling sesuai dengan kantong jamaah haji dan umrah. Tunggu apalagi, ayo hubungi kami untuk informasi lebih lanjut di www.batemuritour.com.

 

Baca Juga: Macam - Macam Sholat Sunnah di Malam Hari: Keberkahan Qiyamullail

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp