Wajib Dicoba, Rekomendasi Makanan Khas Flores Kaya Rasa

By. Dewi Savitri - 02 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Pulau Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur dikenal sebagai salah satu destinasi wisata paling menarik selain Bali dan Lombok. Pulau Flores menawarkan keindahan alam tropis yang sangat memukau. Selain keindahan alam, Flores juga memiliki berbagai kuliner khas yang wajib dicicipi saat berlibur kesana.

 

Baca Juga: Rekomendasi Wisata di Flores, Destinasi Wisata Tropis yang Menakjubkan

 

Berikut beberapa kuliner khas Flores:

 

1. Sei Sapi dan Babi

 

Makanan khas pertama dari Flores adalah sei atau daging asap. Makanan ini terbuat dari daging sapi atau babi. Proses pembuatan sei yang pertama yaitu, daging sapi atau babi diawetkan melalui proses pengasapan, setelah itu daging akan dimasak dengan cara digoreng atau ditumis dengan bunga.

 

2. Jagung Katemak

 

Makanan selanjutnya yaitu jagung Katemak yang berbahan dasar jagung, labu dan kacang hijau. Katemak secara fisik terlihat seperti kolak, namun rasa jagung Katemak cenderung asin dan gurih.

 

3. Jagung Bose

 

Jagung Bose juga berbahan dasar jagung. Jagung bose menjadi hidangan khas masyarakat Flores yang terbuat dari jagung dengan tambahan kacang merah. Jagung bose cocok dijadikan cemilan untuk menemani harimu.

 

4. Rumpu Rampe

 

Selain jagung Katemak dan Jagung Bose, Flores memiliki hidangan lain yang terbuat dari daun ubi dan daun pepaya. Makanan ini banyak ditemukan di daerah Maumere dan biasanya dimakan dengan ikan bakar.

 

Baca Juga: Jangan Mati Sebelum ke Banda Neira, Ini Dia Fakta Unik Banda Neira

 

5. Jagung Titi

 

Jagung Titi adalah makanan khas Flores yang menjadi favorit masyarakat Flores. Jagung Titi biasanya dijadikan teman minum kopi saat bersantai di pagi atau sore hari.

 

6. Kolo atau Nasi Bambu

 

Kolo atau Nasi bambu merupakan nasi bakar yang dimasak dalam tembilah bambu. Bambu yang digunakan adalah bambu muda dengan panjang sekitar 30 meter. Kolo adalah makanan yang wajib kamu coba kalau berkunjung di Flores karena kolo memiliki rasa yang gurih.

 

7. Ohu Aipungan

 

Makanan khas Flores berikutnya adalah Ohu Aipungan, makanan ini berasal dari Kabupaten Sikka. Ohu Aipungan terbuat dari ubi kayu kering yang ditumbuk dan dicampur dengan kelapa parut, gara, dan ikan teri kering.

 

Baca Juga: Simpan Kisah Pilu Rasulullah SAW, Inilah Thaif, Kota Sejuk di Arab Saudi

 

Ohu Aipungan memiliki rasa gurih dan asin yang membuat siapapun yang memakannya jadi ketagihan dan ingin mencoba lagi.

 

Itu dia makanan khas Flores, kamu udah pernah coba yang mana aja nih? Komen dibawah yaaa!!

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp