Bingung Memilih Oleh-oleh Haji & Umroh? Berikut 5 Rekomendasi Oleh-oleh Selain Air Zam-zam

By. Siti Rahmawati - 03 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Sudah lazim bagi sebagian besar masyarakat Indonesia untuk membawa atau memberikan buah tangan bagi orang-orang terdekat setelah bepergian atau berwisata, tidak terkecuali saat pergi untuk beribadah umrah di tanah suci Mekah.

 

Ibadah umrah merupakan salah satu ibadah spesial, tak hanya sebagai sara ibadah, saat ini beberapa paket tour umrah juga menawarkan umrah plus wisata religi. Tentunya momen spesial ini juga harus harus berkesan bagi Anda dan orang terdekat yaitu dengan memberikan buah tangan menarik bagi mereka.

 

Air zam-zam, salah satu oleh-oleh ibadah haji atau umrah yang selalu eksis dikalangan Jemaah, tidak terkecuali bagi Jemaah haji maupun umrah Indonesia. Selain karena manfaat air zam-zam yang begitu dahsyat, air zam-zam juga sebagai iconic dan memiliki aspek nilai sejarah dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah.

 

Baca juga: 

 

Tak hanya ingin memberi oleh-oleh berupa air zam-zam? Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh haji maupun umrah yang bisa Anda berikan untuk keluarga dan orang terdekat:

 

1. Kurma

Selain air zam-zam, kurma adalah oleh-oleh yang pasti dibawa oleh Jemaah haji dan umrah. Selain kaya manfaat kurma juga memiliki banyak varian.

 

Beberapa jenis kurma yang biasa dijadikan buah tangan Jemaah haji maupun umrah antara lain seperti; kurma ajwa, kurma sukari, kurma medjool, kurma safawi dan masih banyak jenis kurma yang lainnya. Salah satu jenis kurma yang banyak dicari saat ini adalah kurma ruthob, yakni kurma yang masih muda.

sumber foto: alodokter.com

 

2. Kismis

Selain kurma, kismis juga cocok sebagai oleh-oleh saat Anda bepergian haji atau umrah. Olahan dari anggur kering ini memiliki banyak manfaat juga memiliki banyak varian.

 

 

3. Cokelat kerikil

Cokelat kerikil bisa menjadi alternatif lain jika anda ingin membawa oleh-oleh makanan sepulang dari umrah.

 

Benar! Cokelat kerikil ini merukapan makanan yang terbuat dari cokelat, hanya saja memiliki bentuk unik seperti kerikil yang meiliki aneka ragam warna.

 

4. Sajadah tulis nama

Tak ingin mainstream memberi oleh-oleh umrah berupa kurma dll, sajadah tulis nama bisa dijadikan salah satu alternatifnya. Anda bisa menjumpai dan membelinya disekitaran masjidil haram.

 

5. Clutch bag

Tak kalah dari sajadah tulis nama, clutch bag juga bisa dijadikan oleh-oleh haji dan umrah. Clutch bag bisa digunakan sepagai wadah peralatan tulis, alat make-up, tempat mukena maupun yang lainnya.

 

sumber foto: tokopedia @nisayuliana

 

Baca juga: Sebelum Haji, Ketahuilah 3 Syarat Diwajibkannya Haji

 

Itulah informasi tentang tips wisata haji dan umroh, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Batemuri yang akan melakukan perjalanan ibadah haji.

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp