Jangan Sia-siakan Hidupmu!!! Sholat Tahiyyatul Masjid Menyelamatkanmu

By. Darma Taujiharrahman - 03 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com - Sholat Tahiyyatul Masjid adalah salah satu sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim ketika memasuki masjid. Sholat ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan rasa syukur kepada Allah SWT atas kesempatan yang diberikan untuk berada di masjid.

 

Tahiyyatul Masjid berasal dari dua kata yaitu "tahiyyah" yang berarti salam, dan "masjid" yang berarti tempat suci untuk beribadah kepada Allah SWT. Oleh karena itu, Sholat Tahiyyatul Masjid dapat diartikan sebagai sholat salam di masjid.

 

Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Jika salah satu dari kalian memasuki masjid, janganlah ia duduk sebelum shalat dua rakaat." (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Baca juga:

 

Dalam hadis tersebut, Nabi Muhammad SAW mengajarkan umat muslim untuk melakukan sholat sunnah dua rakaat ketika memasuki masjid. Sholat ini dapat dilakukan kapan saja, baik saat masjid sedang kosong atau sedang ada kegiatan ibadah.

 

Sholat Tahiyyatul Masjid memiliki beberapa keutamaan dan manfaat bagi umat muslim yang melakukannya. Beberapa di antaranya adalah:

 

1. Mendapatkan pahala yang besar

Sholat Tahiyyatul Masjid termasuk sholat sunnah yang dianjurkan dan pahalanya besar. Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Siapa yang memasuki masjid, kemudian shalat dua rakaat sebelum duduk, maka Allah akan menulis baginya pahala seorang yang mengerjakan umrah." (HR. At-Tirmidzi).

 

2. Meningkatkan rasa khusyuk dalam ibadah

Dengan melakukan sholat Tahiyyatul Masjid, umat muslim dapat meningkatkan rasa khusyuk dalam ibadah. Hal ini karena sholat ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Allah SWT dan mempersiapkan diri sebelum mengikuti kegiatan ibadah lain di masjid.

 

3. Meredakan kegelisahan dan stres

Melakukan sholat Tahiyyatul Masjid juga dapat membantu umat muslim meredakan kegelisahan dan stres. Dalam keadaan yang sulit atau sedang merasa gelisah, umat muslim dapat mengambil waktu sejenak untuk melakukan sholat Tahiyyatul Masjid dan memohon kepada Allah SWT untuk memberikan ketenangan dan kedamaian.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp