Ingin Sempurnakan Bacaan Al-Quran? Ketahulah 3 Ketentuan Sujud Tilawah (Sujud Al-Quran)

By. Darma Taujiharrahman - 04 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Sujud tilawah adalah salah satu bentuk ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim sebagai ungkapan syukur dan penghormatan kepada Allah SWT atas kebesaran-Nya dan keagungan ayat-ayat suci Al-Quran yang dibaca. Dalam prakteknya, sujud tilawah dilakukan setelah membaca atau mendengarkan bacaan Al-Quran yang mengandung ayat sujud.

 

Secara bahasa, sujud tilawah berasal dari kata "sujud" yang berarti sujud atau bersujud, dan "tilawah" yang berarti membaca atau mengucapkan. Oleh karena itu, sujud tilawah dapat diartikan sebagai sujud yang dilakukan sebagai ungkapan penghormatan setelah membaca atau mendengarkan bacaan Al-Quran.

 

Baca juga:

 

1. Perintah Sujud Tilawah (Sujud Al-Quran)

Dalam praktiknya, sujud tilawah dilakukan dengan cara yang sama seperti sujud dalam sholat. Ketika mendengarkan atau membaca ayat sujud, seseorang harus segera bersujud di tempat yang ia berada dan membaca doa sujud tilawah.

 

Pada al-Quran surat Maryam ayat 58 diperintahkan

اِذَا تُتْلٰى عَلَيْهِمْ اٰيٰتُ الرَّحْمٰنِ خَرُّوْا سُجَّدًا وَّبُكِيًّا 

Apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Allah Yang Maha Pengasih, mereka tunduk, sujud, dan menangis.

 

2. Doa Sujud Tilawah (Sujud Al-Quran)

Doa sujud tilawah ini adalah sebagai berikut: "Subhana Rabbiyal A'la, Subhana Rabbiyal A'la", yang artinya "Mahasuci Tuhanku Yang Maha Tinggi, Mahasuci Tuhanku Yang Maha Tinggi". Setelah itu, seseorang harus kembali duduk dan melanjutkan membaca ayat Al-Quran yang sedang dibaca atau didengarkan sebelumnya.

 

Sujud tilawah dapat dilakukan di mana saja, baik di rumah, masjid, maupun tempat lainnya. Namun, jika sujud tilawah dilakukan di dalam sholat, maka sujud tilawah dilakukan setelah salam pada akhir sholat. Dalam hal ini, seseorang harus membaca ayat sujud yang disertakan dalam bacaan sholat yang sedang dilakukan.

 

3. Keutamaan Sujud Tilawah

Selain sebagai bentuk ibadah, sujud tilawah juga memiliki banyak keutamaan dalam agama Islam. Salah satu keutamaan sujud tilawah adalah dapat menghilangkan kesalahan dan dosa yang telah dilakukan oleh seseorang. Beberapa ulama bahkan sampai mewajibkannya.

 

Hal ini berdasarkan hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya seseorang yang mendengarkan bacaan ayat yang memuat sujud kemudian ia bersujud kepada Allah, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah ia lakukan sebelumnya".

 

Selain itu, sujud tilawah juga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang terhadap Allah SWT. Dengan melakukan sujud tilawah, seseorang diharapkan dapat lebih memahami makna dan keagungan ayat-ayat suci Al-Quran, sehingga dapat memperdalam kecintaannya terhadap agama dan meningkatkan kualitas ibadahnya kepada Allah SWT.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp