Berhati - hatilah Dalam Shalat!!!! Berikut 12 Perkara yang Membatalkan Shalat

By. Darma Taujiharrahman - 04 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Shalat merupakan salah satu kewajiban dalam agama Islam yang harus dilakukan oleh umat Muslim. Namun, ada beberapa hal yang dapat membatalkan shalat, yang jika tidak diperhatikan akan menyebabkan shalat menjadi tidak sah atau tidak diterima oleh Allah. Berikut adalah beberapa perkara yang dapat membatalkan shalat:

 

1. Perkataan yang disengaja

Mengucapkan kata-kata yang tidak terkait dengan shalat atau tidak sesuai dengan tata cara shalat. Umat Muslim harus diam dan tidak mengeluarkan suara kecuali untuk membaca doa-doa atau ayat-ayat Al-Quran yang ditentukan dalam tata cara shalat.

 

2. Gerakan yang banyak

Melakukan gerakan diluar gerakan yang berlaku pada rukun sholat dapat menjadi perkara yang membatalkan sholat.

 

Baca juga:

 

3. Hadats Kecil dan Besar

Keluarnya sesuatu dari jalan yang biasa digunakan untuk keluarnya, seperti angin, udara, atau cairan. Hal ini termasuk dalam kategori "hadats kecil" atau "hadats sughra", yang dapat dihilangkan dengan cara berwudhu atau membersihkan diri.

 

4. Hilang Kesadaran

Kehilangan kesadaran atau kesadaran yang terganggu, seperti tertidur atau pingsan. Dalam hal ini, shalat dianggap batal dan harus diulang dari awal setelah kembali sadar.

 

5. Terbukanya Aurat

Menutup aurat, yaitu bagian tubuh yang wajib ditutupi ketika melakukan shalat. Bagi laki-laki, auratnya adalah bagian dari pusar hingga lutut. Sedangkan bagi perempuan, auratnya adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

 

6. Membelakangi Kiblat

Berpaling dari kiblat atau mengubah posisi selama shalat. Selama shalat, umat Muslim harus tetap menghadap ke arah kiblat dan tidak boleh bergerak selain dalam gerakan shalat yang telah ditentukan.

 

7. Berubahnya Niat

Sholat merupakan ibadah yang harus dikerjakan dengan tertib berdasarkan rukun dan sunnah yang berlaku pada rangkaian ritual ibadah. Niat merupakan rukun pertama dan utama yang harus dipastikan sejak awak sholat. Maka jika pada pertengahan terjadi perubahan niat maka sholatnya menjadi batal

 

8. Adanya Najis.

Sejatinya terkena najis tidaklah membatalkan wudhu, namun perkara ini akan membatalkan shalat, hal ini karena syarat sahnya shalat adalah suci. Contoh najis yang dapat membatalkan sholat misalnya kencing, air mani, minuman keras, kotoran hewan yang haram dimakan, bangkai hewan, dan lain-lain. Dan oleh karena itu maka najis tersebut harus dibersikan dahulu.

 

9. Makan

Makan merupakan gerakan yang tidak termasuk dalam gerakan shalat, maka mengerjakannya adalah membatalkan shalat.

 

10. Minum

Sebagaimana pada perkara makan, minum juga merupakan gerakan yang tidak termasuk dalam gerakan shalat, maka mengerjakannya adalah membatalkan shalat.

 

11. Tertawa terbahak-bahak

Tertawa terbahak juga bukan merupakan rukun qouliy pada shalat, maka mengerjakannya tentu akan membatalkan shalat.

 

12. Murtad

Islam merupakan syarat sahnya shalat, maka keluar dari kepercayaan Islam akan membatalkan shalat.

 

Perkara-perkara di atas harus diperhatikan oleh umat Muslim dalam melaksanakan shalat agar ibadah tersebut dapat diterima oleh Allah. Jika ada salah satu perkara di atas yang terjadi saat shalat, maka umat Muslim harus mengulang shalat dari awal setelah memperbaiki kesalahan yang terjadi. Oleh karena itu, perlu dilakukan latihan dan pemahaman yang baik tentang tata cara shalat agar dapat melaksanakan ibadah tersebut dengan benar dan khusyuk.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp