Setiap Orang Akan Mati, Berikut 4 Langkap Pemularasan yang Wajib Dilakukan Kepada Jenazah

By. Darma Taujiharrahman - 04 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Mayit adalah istilah yang digunakan untuk menyebut jenazah seseorang yang telah meninggal dunia. Istilah ini berasal dari bahasa Arab, yaitu "mayyit", yang artinya "yang telah mati". Konsep tentang mayit sangat penting dalam berbagai agama dan kebudayaan di seluruh dunia.

 

Dalam Islam, mayit harus diberikan perlakuan khusus sebelum dan setelah dimakamkan. Sebelum dimakamkan, mayit harus dicuci, dibalut dengan kain kafan, dan diberikan solat jenazah. Setelah itu, mayit dimakamkan secepatnya tanpa melakukan pembarian atau merias jenazah. Konsep ini ditegaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang menyatakan, "Cepatlah menguruskan jenazah. Jangan biarkan dia berlama-lama di hadapanmu, karena dia akan menyesali hal itu di akhirat kelak."

 

Baca juga:

 

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan dalam merawat mayit setidaknya ada empat (4) perkara yang harus diperhatikan. Hukum dari mengerjakan empat perkara tersebut adalah fardlu kifayah.

 

1. Memandikan,

Ada dua mayit yang tidak perlu dimandikan dan disolati yaitu muslim yang mati syahid untuk memerangi orang kafir dan bayi lahir keguguran.

 

2. Mengkafani,

Dalam mengkafani mayit ataupun jenazah disunnahkan untuk menggunakan kain kafan yang bagus, bersih dan menutupi seluruh tubuh. Jumlah kain kafan untuk jenazah laki-laki hendaknya 3 lapis, sedangkan bagi jenazah perempuan 5 lapis.

 

3. Menyolati

Shalat mayit dilakukan dengan cara yang berbeda dengan shalat lima waktu yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Shalat mayit terdiri dari empat takbir, pada takbir pertama membaca al-Fatihah, Takbir kedua membaca sholawat Nabi, Takbir ketiga membaca doa bagi jenazah laki-laki / perempuan, dan pada Takbir keempat juga membaca doa bagi jenazah laki-laki / perempuan.

 

4. Menguburkan

Penguburan dilakukan di lubang lahat dengan mengadap arah kiblat dimulai dari posisi kepala.

 

Keempat perkara diatas juga dikenal dengan istilah pemularasan jenazah. Pemulasaraan jenazah adalah proses perawatan jenazah yang meliputi kegiatan memandikan, mengkafani sesuai kepercayaan yang dianut sebelum jenazah dibawa pulang kerumah duka / pernakaman jenazah.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp