Muhasabah, Introspeksi Diri dalam Islam, Bagaimana Caranya?

By. Dewi Savitri - 08 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Introspeksi diri dalam islam disebut juga sebagai muhasabah. Muhasabah adalah peninjauan kembali atau  koreksi terhadap perbuatan, sikap, kelemahan, kesalahan, dan lain sebagainya pada diri sendiri. Muhasabah merupakan sebuah cara untuk membersihkan diri dari kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat.

 

Baca Juga: Jangan Salah Pilih!! Ini Dia Tips Memilih Pakaian yang Tepat untuk Umrah

 

Muhasabah atau introspeksi diri dalam islam telah disebutkan dalam Q.S Al-Hasyr ayat 18 yang artinya:

 

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah SWT dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah SWT, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr: 18).

 

Cara melakukan muhasabah diri:

 

1. Muhasabah sebelum amal

 

Muhasabah sebelum amal dilakukan dengan melakukan riset terlebih dahulu apakah ia mampu untuk melaksanakan sesuatu yang akan dilakukan atau tidak. Setelah itu, kita melihat apakah amalan yang akan kita lakukan tersebut memiliki manfaat dunia dan akhirat. Kemudian, perbaiki niat. Amalan-amalan yang akan dilakukan hendaknya diniatkan ikhlas karena Allah SWT, tidak dilakukan semata-mata demi manusia.

 

2. Muhasabah terhadap amalan yang tertinggal dan belum sempurna

 

Muhasabah ini dilakukan dengan memeriksa setiap amalan yang telah dilakukan dari sisi niatnya, apakah sudah benar (ikhlas karena Allah) atau belum. Selain niat, periksa juga dari segi caranya, apakah cara melaksanakannya sudah sesuai dengan petunjuk nabi SAW atau belum. Kemudian periksalah kembali apakah amalan tersebut sudah dilaksanakan atau belum diwaktu tersebut.

 

Baca Juga: Mengenal Sholat Arbain, Sholat Wajib 40 Waktu di Madinah

 

3. Muhasabah diri terhadap amalan syubhat yang lebih baik ditinggalkan

 

Periksalah apakah ada amalan yang seharusnya tidak dilakukan tapi malah dilakukan. Amalan ini contohnya adalah amalan-amalan yang dapat membuka pintu dosa atau kemaksiatan. Sebaiknya, setelah melakukan muhasabah diri dan mengetahui hal ini, amalan seperti ini segera ditinggalkan.

 

4. Muhasabah diri terhadap amalan mubah

 

Melakukan muhasabah diri terhadap amalan-amalan mubah dengan memeriksa kembali tujuan dilakukannya amalan tersebut. Periksa dari segi kemanfaatan, tujuan dan sisi positif serta neatif dari dilakukannya amalan tersebut.

 

Dengan melakukan muhasabah atau introspeksi diri, kita dapat menemukan perbuatan-perbuatan buruk dan kurang baik yang sering kita lakukan. Sehingga, kita dapat dengan cepat menyadari kesalahan atau kekurangan kita dalam hidup dan beribadah kepada Allah SWT. Dengan demikian kita dapat segera memperbaiki kesalahan dan bertaubat kepada Allah SWT sebelum terlambat.

 

Baca Juga: Mengenal Khalifah Umar R.A, Sahabat Nabi yang Dimakamkan di Masjid Nabawi

 

Wallahu a’lam bish-shawab. 

Itulah informasi mengenai muhasabah atau introspeksi diri, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Batemuri sekalian.

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp