Ramai!!! Makmum Perempuan di Tengah Jamaah Laki-laki, Jangan Salah Memahami

By. Darma Taujiharrahman - 08 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Akhir-akhir ini ini viral di media sosial video yang memperlihatkan praktik shalat Idul Fitri yang tidak biasanya, yaitu seorang makmum perempuan diperkenankan berada di depan barisan jamaah laki-laki.  

 

Polemik yang menjadi sorotan dari video tersebut bukan hanya pada hal yang tidak biasa berlaku di kalangan masyarakat. Namun juga tentang bagaimana dengan kesesuaian dari sisi hukumnya.

 

Sebelum berbicara tentang penghakiman apakah sholat yang demikian sesuai ataukah tidak dan bagaimana keabsahan shalat si perempuan tersebut dan jamaah laki-laki yang ada di samping dan di belakangnya berikut ini pembahasannya

 

Baca juga:

 

Sebagaimana pendapat masyhur di kalangan para ulama fikih dan juga yang sudah berlaku di tengah masyarakat muslim, seorang makmum perempuan dewasa saat shalat diposisikan tepat di belakang imam, tidak di samping kiri atau kanannya.

 

Kemudian, jika ada makmum laki-laki dewasa, makmum perempuan dewasa ditempatkan di belakang makmum laki-laki. Jika ada makmum laki-laki dewasa dan makmum anak laki-laki, maka makmum perempuan dewasa diposisikan di belakang makmum anak laki-laki. Jika ada makmum laki-laki dewasa, anak laki-laki, dan anak perempuan, maka makmum perempuan dewasa diposisikan di paling belakang. Artinya, posisi makmum perempuan berada paling belakang.  

 

Namun melanggar ketentuan di atas tentunya tidaklah merusak keabsahan sholat sebagaimana yang disepakati oleh pendapat masyhur sebagaimana yang pernah dilakukan Rasulullah saw seorang Rasul dengan level kekhusyu’an di atas manusia – manusia yang ada di dunia ini. Namun mengerjakannya di masjid umum (masyarkat) bukan merupakan kelaziman.

 

Ketika di Masjidil Haram sering kali kita melihat posisi shaf khususnya yang ada di sekitar ka’bah adalah bercampur antara laki-laki dan perempuan. Beberapa ulama menganggapnya sebagai pengecualian lantaran kondisi yang memaksa.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp