Ketahuilah!!! 5 Peristiwa Penting di Bulan Syawal Pastikan Turut dalam Kemenangan

By. Darma Taujiharrahman - 09 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Bukan hanya dikenal sebagi bulan perayaan kemenangan, Syawal juga dikenal memiliki banyak sejarah yang terjadi pada bulan ini.

 

Sejarah-sejarah yang terjadi pada bulan Syawal ini sangat penting untuk diketahui bersama, selain untuk mengingat kembali kisah-kisah heroik dan luar biasa perihal cobaan dan ujian yang menghalangi dakwah Rasulullah, juga untuk mengambil hikmah dan pelajaran yang bisa dipetik dari sejarah tersebut.  

 

Sejarah yang terjadi pada bulan Syawal setidaknya terbagi menjadi dua bagian, (1) peperangan; (2) pernikahan;  Sejarah pertama merupakan histori paling banyak yang akan diulas dalam tulisan ini, di mana hal ini menjadi batu sandungan yang menjadi ujian dakwah Rasulullah.

 

Baca juga:

 

1. Perang Uhud

Perang Uhud telah terjadi di tahun ketiga bulan Syawal setelah hijrahnya nabi ke Madinah, sebagaimana yang telah disebutkan oleh ulama-ulama sejarah, seperti Imam Ibnu Katsir dalam salah satu karyanya, Sirah Nabawiyah li Ibn Katsir.

 

2. Perang Khandaq (Parit)

Perang Khandaq terjadi pada tahun kelima di bulan Syawal setelah hijrahnya nabi ke Madinah. Perang Khandaq diikuti oleh 3.000 personil umat Islam melawan kaum kafir dengan kekuatan 10.000 hingga 15.000 personil dengan koalisi antara kafir Makkah, kaumYahudi, orang-orang Quraisy, dan beberapa kelompok konspirasi. 

 

Pemicu perang Khandaq disebabkan seruan dan ajakan orang-orang Yahudi kepada beberapa kelompok dan pembesar suatu suku. Mereka sangat emosi dan merasa sangat terhina ketika melihat kaum Muslimin semakin luar biasa dan semakin luas dalam menyebarkan agama Islam, mereka juga iri ketika melihat keuntungan yang selalu diraih umat Islam.

 

3. Perang Hunain

Perang ini diikuti oleh 12.000 personil, terdiri dari 10.000 penduduk kota Madinah, dan 2.000 dari kota Makkah. Sedangkan pasukan musuh terdiri dari 20.000 personil.  Perang Hunain terjadi pada bulan Syawal tahun 8 hijriah di lembah Hunain, yaitu sebuah lembah yang menjadi pengubung kota Makkah dan Thaif.

 

Kaum Quraisy yang sebelumnya memerangi Rasulullah telah berubah seratus delapan puluh derajat menjadi sosok orang-orang yang ingin dekat dengannya. Perang ini terjadi setelah Allah memuliakan rasul-Nya dengan Penaklukan Kota Makkah (Fathu Makkah).

 

4. Perang Thaif

Dalam perang ini, pasukan kaum muslimin mengejar sisa-sisa pasukan Quraisy yang melarikan diri dari perang Hunain, yang bersembunyi di dalam benteng kota yang kokoh, sehingga umat Islam tidak dapat menembus benteng. Perang Thaif terjadi pada bulan Syawal tahun 8 Hijriah, setelah meletusnya perang Hunain.

 

5. Pernikahan Nabi

Fenomena pernikah bulan Syawwal yang banyak terjadi di Indonesia, ternyata bukan merupakan suatu kebetulan yang tidak terstruktur. Melainkan suatu wujud upaya mereka untuk mengikuti salah satu amal Rasulullah, yaitu menikah di bulan Syawal.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp