Air Musta'mal, Apakah Masih Bisa Digunakan? Jangan Sampai Salah

By. Darma Taujiharrahman - 09 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Secara hukum Islam, jenis air musta’mal tetaplah tergolong sebagai air yang suci, namun tak lagi dapat digunakan untuk bersuci. Beberapa pendapat ilmiah bahkan menjelaskan air tersebut sudah tidak layak lagi untuk digunakan dalam kebutuhan konsumsi.

 

Secera pengertian Islam air suci yang tidak mensucikan terdapat dua jenis yaitu air musta’mal dan air mutaghayyar.

 

Air Musta’mal adalah air yang sudah digunakan untuk menghilangkan hadas atau najis, tatkala tidak berubah sifatnya dan tidak bertambah ukurannya setelah terpisah dari tempat yang dibasuh. Contoh Air bekas mandi atau wudu

 

Baca juga:

 

Air Mutaghayyar adalah air yang telah berubah salah satu sifatnya (baik warna, bau, atau rasa) karena telah tercampur oleh sesuatu yang suci dengan perubahan yang mencegah kemutlakan nama air tersebut. Contoh Air sumur yang telah tercampur kopi, maka kemutlakan nama air (sumur) telah berubah sebab telah bercampur dengan sesuatu lain yang suci (kopi) sehingga namanya berubah dari “air sumur menjadi air kopi”.

 

Salah satu manfaat dari air musta'mal adalah sebagai alternatif sumber air untuk keperluan non-potable atau non-makanan, seperti menyiram tanaman, membersihkan lantai atau halaman, dan sebagainya. Namun, sebelum digunakan, air musta'mal harus diolah terlebih dahulu agar aman dan tidak menimbulkan masalah kesehatan. Ada beberapa cara untuk mengolah air musta'mal, seperti:

 

Saringan kasar: Sebelum digunakan, air musta'mal dapat disaring terlebih dahulu menggunakan saringan kasar, seperti kain atau saringan kopi. Hal ini dapat membantu membuang partikel-partikel besar yang terdapat di dalam air.

 

Pengendapan: Air musta'mal dapat juga diendapkan terlebih dahulu selama beberapa jam agar partikel-partikel kecil dapat mengendap di bagian bawah. Setelah itu, air bagian atas yang lebih jernih dapat digunakan.

 

Filtrasi: Air musta'mal juga dapat difiltrasi menggunakan filter atau saringan yang lebih halus. Hal ini dapat membantu membuang partikel-partikel yang lebih kecil di dalam air.

 

Pemurnian: Jika ingin memastikan bahwa air musta'mal benar-benar aman untuk digunakan, dapat dilakukan proses pemurnian dengan menggunakan bahan kimia atau teknologi seperti ozonisasi, UV sterilisasi, atau reverse osmosis.

 

Dalam penggunaan air musta'mal, perlu diingat bahwa air ini tidak cocok untuk dikonsumsi atau digunakan untuk keperluan makanan. Selain itu, penggunaan air musta'mal juga perlu memperhatikan kebijakan dan aturan yang berlaku di daerah masing-masing terkait dengan penggunaan air limbah.

 

Dalam beberapa situasi tertentu, seperti pada masa krisis air atau bencana alam, air musta'mal dapat menjadi sumber air yang berharga. Namun, penggunaannya perlu dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan kesehatan serta keamanan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami cara mengolah air musta'mal agar dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak menimbulkan masalah kesehatan atau lingkungan.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp