Baru Mau Coba? Ini Dia Langkah-langkah Gunakan MRT Jakarta

By. Dewi Savitri - 10 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! MRT Jakarta adalah salah satu moda transportasi publik yang cukup populer di Jakarta karena dapat mengurangi waktu tempuh perjalanan di tengah kemacetan kota. Sebagai transportasi yang tergolong baru di Indonesia, sangat wajar apabila banyak masyarakat yang bingung akan bagaimana cara menggunakan transportasi ini.

 

Baca Juga: Tips Naik KRL bagi Pemula: Mengenal dan Memahami Sistem Transportasi di Jakarta

 

Bagi kalian yang ingin mencoba transportasi MRT di Jakarta untuk pertama kali, tidak usah khawatir karena MRT Jakarta aman dan sangat mudah untuk digunakan. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan MRT Jakarta:

 

  1. Penumpang memasuki stasiun MRT Jakarta
  2. Penumpang dapat membeli Single Trip Ticket (STT) maupun Multi Trip Ticket (MTT) melalui loket atau Ticket Vending Machine (TVM)
  3. Setelah memiliki tiket MRT Jakarta, penumpang cukup menempelkan tiket (tap in) di gerbang penumpang
  4. Penumpang antri di belakang garis aman dan di dalam garis antrian
  5. Dahulukan penumpang turun sebelum masuk ke dalam kereta
  6. Setelah tiba di stasiun tujuan, tempelkan kembali tiket kereta (tap out) di gerbang penumpang
  7. Penumpang MRT Jakarta diminta untuk selalu mematuhi petunjuk dan arahan petugas

 

Baca Juga: Tips Naik MRT Jakarta, Kurangi Macet Ibu Kota

 

MRT Jakarta beroperasi pukul 05.00-24.00 pada hari kerja dan pukul 06.00-24.00 pada akhir pekan. Kereta akan datang dalam selang waktu selama 5 menit pada jam sibuk dan 10 menit pada jam normal dihari kerja. Sedangkan pada akhir pekan, MRT akan tiba setiap selang waktu 10 menit.

 

Bagi kalian yang senang bersepeda, MRT Jakarta memperbolehkan para pesepeda untuk membawa sepeda lipat dan nonlipat untuk dibawa di dalam ratangga. Namun, ada aturan khusus untuk sepeda nonlipat yaitu hanya boleh naik dan turun di empat stasiun yaitu stasiun Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, Istorat Mandiri, dan Bundaran HI pada waktu di luar jam sibuk (07.00-09.00 dan 17.00-19.00 WIB). Sedangkan sepeda lipat dapat dibawa setiap saat dan disemua stasiun.

 

Tidak ada batasan usia untuk menaiki MRT Jakarta, artinya kalian bisa membawa lansia ataupun anak-anak dengan pendampingan dari orang dewasa. Gimana, tertarik untuk mencoba MRT Jakarta? Menaiki transportasi umum dapat mengurangi kemacetan, yuk belajar biasakan menggunakan transportasi umum untuk kurangi polusi di bumi kita.

 

Baca Juga: Nikmati Kelezatan Kuliner Jakarta: Rekomendasi Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba!

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp