Naik Pesawat Transit? Jangan Takut, Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini!!

By. Dewi Savitri - 10 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Perjalanan menggunakan pesawat kadang mengharuskan penumpang singgah selama beberapa jam disebuah bandara, sebelum sampai di bandara tujuan. Kondisi ini biasa disebut dengan transit, penerbangan transfer, penerbangan lanjutan, atau connecting flight.

 

Baca Juga: Baru Mau Coba? Ini Dia Langkah-langkah Gunakan MRT Jakarta

 

Bagi penumpang yang baru pertama kali naik peswat transit, hal ini mungkin akan sedikit membuat kebingungan. Namun, jangan khawatir, karena pada dasarnya penerbangan transit sama dengan penerbangan langsung atau direct flight. Secara umum, transit pesawat ada dua macam. Transit ini dibedakan berdasarkan maskapai yang digunakan, apakah penumpang menggunakan maskapai yang sama atau berbeda. 

 

Berikut adalah langkah-langkah transit pesawat yang mengunakan satu maskapai yang sama:

 

Baca Juga: Sholat dalam Pesawat? Ini Dia Tata Cara Sholat dalam Pesawat Terbang!!!

 

  1. Pastikan kalian mengetahui terminal keberangkatan dan kedatangan kalian. Bandara Soekarno-Hatta terdiri dari tiga terminal yaitu Terminal 1, 2, dan 3. Pastikan kalian mengecek tiket kalian dan mengetahui terminal keberangkatan dan kedatangan. Jika harus pindah ke terminal lain, maka penumpang dapat menggunakan transportasi yang tersedia di bandara seperti kereta kalayang atau skytrain dan bus bandara.
  2. Setelah mendarat di bandara, ikuti tanda-tanda petunjuk transit ke area transit. Jika perlu melewati imigrasi dan bea cukai, pastikan kalian memiliki visa dan dokumen yang diperlukan sebelum melakukan transit.
  3. Jika memiliki bagasi yang perlu diambil, ikuti tanda-tanda petunjuk untuk mengambil bagasi kalian dan kemudian melakukan check-in ulang untuk penerbangan selanjutnya. Pastikan kalian membawa semua barang bawaan kalian, termasuk barang yang diperbolehkan dalam kabin pesawat.
  4. Jika tidak memiliki bagasi untuk diambil, kalian dapat langsung menuju area transit untuk menunggu penerbangan selanjutnya.
  5. Di area transit, cari tahu pintu keberangkatan dan pastikan kalian sudah memegang kartu tanda penumpang (boarding pass). Kalian bisa mendapatkan kartu tanda penumpang (boarding pass) di mesin check-in otomatis atau dengan mengunjungi loket check-in.
  6. Jangan lupa untuk memeriksa jadwal penerbangan dan waktu keberangkatan yang tepat. Pastikan kalian siap untuk naik pesawat tepat waktu.
  7. Setelah mendapatkan kartu tanda penumpang (boarding pass) dan tahu pintu keberangkatan, kalian bisa menuju ke ruang tunggu dan menunggu panggilan untuk naik pesawat.
  8. Jika memiliki waktu yang cukup lama antara kedatangan dan keberangkatan penerbangan, kalian bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk makan, berbelanja atau menikmati fasilitas lainnya di bandara.
  9. Jangan lupa untuk kembali ke ruang tunggu tepat waktu untuk naik pesawat yang kalian tunggangi.

 

Baca Juga: Umrah Bareng Garuda Indonesia, Maskapai Pilihan Bangsa

 

Demikianlah informasi tentang cara transit satu maskapai pesawat di Bandara Soekarno Hatta, semoga informasi ini bermanfaat bagi Sobat Batemuri sekalian. Pastikan selalu memperhatikan jadwal dan waktu keberangkatan untuk menghindari keterlambatan atau kehilangan penerbangan. Jika memiliki pertanyaan lebih lanjut atau masih bingung, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas di bandara.

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp