Jangan Takut!! Ikuti Tips Ini Kalo Kamu Baru Mau Coba Naik Pesawat

By. Dewi Savitri - 10 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Perjalanan jauh akan lebih cepat dan mudah ditempuh menggunakan pesawat terbang. Namun, di Indonesia tidak semua orang pernah merasakan naik pesawat. Selain karena alasan tidak atau belum ada kesempatan, harga tiket pesawat yang mahal juga menjadi pertimbangan masyarakat Indonesia untuk lebih memilih moda transportasi lain seperti kereta api, atau kapal.

 

Baca Juga: Naik Pesawat Transit? Jangan Takut, Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini!!

 

Tidak jarang, masyarakat lebih memilih transportasi darat meskipun memakan waktu yang lama daripada pesawat karena alasan psikologis seperti perasaan takut dan tidak terbiasa. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan sebelum dan selama naik pesawat untuk kalian yang baru ingin mencoba menggunakan pesawat terbang:

 

1. Pilih kursi yang tepat

 

Saat memesan tiket, pastikan untuk memilih kursi yang nyaman dan sesuai dengan preferensi Anda. Jika Anda ingin cepat keluar pesawat, pilihlah kursi di dekat pintu keluar. Jika Anda ingin istirahat selama penerbangan, pilihlah kursi di sebelah jendela. Jika Anda perlu sering ke toilet, pilihlah kursi di dekat kamar mandi.

 

2. Persiapkan dokumen dan barang bawaan

 

Pastikan Anda memiliki dokumen yang diperlukan seperti paspor atau kartu identitas. Selain itu, periksa kebijakan maskapai terkait barang bawaan Anda, seperti ukuran dan berat maksimum. Bawa hanya barang yang benar-benar dibutuhkan selama penerbangan, seperti ponsel, earphone, buku, dan makanan ringan.

 

3. Datang lebih awal

 

Pastikan Anda datang lebih awal ke bandara agar memiliki waktu untuk melakukan proses check-in, menjalani pemeriksaan keamanan, dan menuju gerbang keberangkatan. Biasanya, maskapai mewajibkan penumpang untuk tiba di bandara dua jam sebelum keberangkatan internasional dan satu jam sebelum keberangkatan domestik.

 

4. Kenali prosedur pemeriksaan keamanan

 

Baca Juga: Baru Mau Coba? Ini Dia Langkah-langkah Gunakan MRT Jakarta

 

Sebelum memasuki area keberangkatan, Anda akan melewati pemeriksaan keamanan. Pastikan Anda mengikuti aturan yang berlaku, seperti melepas sepatu dan memindahkan barang bawaan ke dalam baki x-ray. Jangan membawa benda-benda tajam atau berbahaya seperti gunting atau pisau.

 

5. Ikuti instruksi kru pesawat

 

Setelah masuk ke dalam pesawat, pastikan Anda mengikuti instruksi kru pesawat dengan baik. Ini termasuk mengenakan sabuk pengaman selama lepas landas dan mendarat, menaruh barang bawaan di tempat yang ditunjuk, dan tidak merokok atau menggunakan ponsel saat pesawat sedang dalam perjalanan.

 

6. Hindari makanan berat dan minuman beralkohol

 

Untuk menghindari rasa tidak nyaman selama penerbangan, hindari makanan berat dan minuman beralkohol. Sebaliknya, pilih makanan dan minuman yang ringan dan mudah dicerna, serta minum cukup air untuk menjaga hidrasi.

 

7. Siapkan diri untuk turbulensi

 

Turbulensi adalah gerakan tidak terduga yang sering terjadi selama penerbangan. Jangan panik jika terjadi turbulensi dan tetap duduk dengan sabuk pengaman terpasang hingga kru pesawat memberikan instruksi lain.

 

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Jet Lag Setelah Perjalanan Jauh

 

Nah, itulah beberapa tips berguna untuk naik pesawat pertama kali. Semoga tips ini dapat membantu Sobat Batemuri untuk mengatasi kecemasan dan membuat penerbangan Sobat lebih menyenangkan.

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp