Adakah Keutamaan Menikah di Bulan Dzulhijjah? Jangan Salah!!!

By. Darma Taujiharrahman - 11 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam. Selain menjadi bulan di mana umat Islam melaksanakan ibadah haji, bulan ini juga memiliki keistimewaan tersendiri dalam hal pernikahan.

 

Menikah di bulan Dzulhijjah memiliki banyak keutamaan yang dapat menjadi pertimbangan bagi pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan.

 

Salah satu keutamaan menikah di bulan Dzulhijjah adalah karena bulan ini termasuk dalam bulan yang dianggap sebagai bulan suci dalam agama Islam. Menikah di bulan ini dapat memberikan nuansa keberkahan pada pernikahan yang akan dilangsungkan.

 

Selain itu, menikah di bulan Dzulhijjah juga dapat memberikan kesempatan bagi pasangan untuk memperbanyak amalan baik seperti shalat sunnah, puasa, dan bersedekah.

 

Baca juga:

 

Dzulhijjah atau bulan besar dalam tradisi muslim Nusantara adalah bulan yang istimewa dengan banyaknya ritual keagamaan yang dianjurkan. Bulan ini juga disebut dengan bulan haji dan bulan musim menikah. Meskipun untuk waktu pelaksanaan nikah tidak ada waktu khusus, namun melangsungkan akad nikah pada Dzulhijjah sudah mentradisi di kalangan muslim Nusantara.

 

Sejatinya tidak ada riwayat khusus yang menganjurkan pernikahan di bulan Dzulhijjah. Namun dalam segi sejarah, Dzulhijjah merupakan salah satu dari 4 bulan yang termasuk haram melakukan peperangan.

 

Empat bulan tersebut adalah Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Yang dikenal dengan istilah bulan haram.

 

Meski begitu sejatinya menikah di bulan-bulan selain keempat bulan tersebut adalah juga sama baiknya. Artinya tidak ada anjuran khusus yang menjadi dasar terbentuknya tradisi ini. Semua bergantung pada pilihan dan kesepakatan baik calon suami dan istri dalam mementukan kapan mereka melangsungkan pernikahan.

 

Kesimpulannya, menikah di bulan Dzulhijjah ataupun di bulan lainnya sama memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan di bulan ini harus memperhatikan beberapa hal penting seperti keluarga dan kerabat yang hadir, serta memastikan bahwa pernikahan sesuai dengan syariat Islam.

 

Dengan demikian, semoga pernikahan yang dilangsungkan di bulan Dzulhijjah dapat memberikan keberkahan dan kesempatan bagi pasangan untuk memperkuat hubungan dengan Allah SWT.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp