Doa - Doa Nabi Dalam Al Quran, Agar Diberi Kesabaran dan Kesembuhan Penyakit

By. Darma Taujiharrahman - 15 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Membaca doa dalam Islam memiliki banyak keutamaan dan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan seorang Muslim. Doa merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat ditekankan dalam Islam, dan membaca doa merupakan suatu amalan yang dianjurkan dan sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Membaca doa adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam Al-Quran disebutkan, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan bagimu” (QS. Ghafir [40]: 60). Dengan membaca doa, kita menunjukkan bahwa kita mengakui kekuasaan Allah SWT dan memohon bantuan-Nya dalam setiap aspek kehidupan kita.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗ

 

Membaca doa merupakan salah satu cara untuk menghadirkan diri di hadapan Allah. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT merindukan suara hamba-Nya yang memohon kepada-Nya.” Dengan membaca doa, seorang Muslim memperlihatkan kebutuhan dan kelemahan dirinya, dan menyadari bahwa hanya Allah SWT yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

 

Dalam Islam, doa juga dianggap sebagai sarana untuk memohon keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT. Dalam banyak ayat Al-Quran, Allah SWT menyebutkan pentingnya memohon keberkahan dan perlindungan-Nya. Dengan membaca doa, seseorang memohon perlindungan dari segala macam bahaya dan bencana, serta memohon keberkahan dalam segala aspek kehidupan.

 

Baca juga:

 

Sebagai utusan Allah swt dalam mendakwahkan akhlaq Islam, berikut ini berbagai doa yang diwariskan para Nabi dan Rasul melalui ayat – ayat dalam Al – Quran.

 

1. Doa Nabi Yusuf

 

۞ رَبِّ قَدْ اٰتَيْتَنِيْ مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِيْ مِنْ تَأْوِيْلِ الْاَحَادِيْثِۚ فَاطِرَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ اَنْتَ وَلِيّٖ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِۚ تَوَفَّنِيْ مُسْلِمًا وَّاَلْحِقْنِيْ بِالصّٰلِحِيْنَ

Tuhanku, sungguh Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kekuasaan dan telah mengajarkan kepadaku sebagian takwil mimpi. (Wahai Tuhan) pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat. Wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang-orang saleh.” (QS Yusuf, 101)

 

2. Doa Nabi Syuaib

 

وَسِعَ رَبُّنَا كُلَّ شَيْءٍ عِلْمًاۗ عَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلْنَاۗ رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ الْفٰتِحِيْنَ

Wahai Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil). Engkaulah pemberi keputusan terbaik.” (QS Al-A’raf, 89)

 

3. Doa Nabi Musa

 

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ ۙ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّنْ لِّسَانِيْ ۙ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ ۖ

Dia (Musa) berkata, “Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku agar mereka mengerti perkataanku. (QS Thaha, 25 – 28)

 

قَالَ رَبِّ اِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَغَفَرَ لَهٗ ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ قَالَ رَبِّ بِمَآ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ فَلَنْ اَكُوْنَ ظَهِيْرًا لِّلْمُجْرِمِيْنَ

16.  Dia (Musa) berdoa, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku sendiri, maka ampunilah aku.” Dia (Allah) lalu mengampuninya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. 17.  Dia (Musa) berkata, “Ya Tuhanku, karena nikmat yang telah Engkau anugerahkan kepadaku, (tuntunlah aku) sehingga aku tidak akan menjadi penolong bagi orang-orang yang berbuat durhaka.” (QS Al-Qashash, 16 – 17)

 

4. Doa Nabi Ayyub

 

۞ وَاَيُّوْبَ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗٓ اَنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَاَنْتَ اَرْحَمُ الرّٰحِمِيْنَ ۚ

(Ingatlah) Ayyub ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “(Ya Tuhanku,) sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.” (QS Al-Anbiya’ 83)

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp