Kumpulan Doa Sehari-hari, Lengkapi Keberkahan Aktivitas Seharian

By. Darma Taujiharrahman - 15 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Zikir adalah salah satu aktivitas spiritual yang sangat penting dalam Islam. Zikir merupakan bentuk pengingat terhadap Allah SWT yang dapat dilakukan dalam berbagai keadaan, termasuk setelah menunaikan sholat. Ada banyak keutamaan zikir setelah sholat yang dapat membawa manfaat besar bagi kehidupan spiritual seseorang. Berikut adalah beberapa keutamaan zikir setelah sholat yang perlu diketahui.

 

Setelah menunaikan sholat, seseorang mungkin masih merasa terganggu oleh berbagai urusan dunia yang belum selesai. Zikir setelah sholat dapat membantu untuk menenangkan hati dan meredakan stres atau kekhawatiran yang mungkin masih ada. Dalam Islam, zikir dianggap sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meraih ketenangan hati.

 

Zikir setelah sholat adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dalam beberapa hadis, Rasulullah SAW bersabda bahwa orang yang berzikir setelah sholat akan mendapatkan pahala yang besar. Pahala tersebut akan diberikan oleh Allah SWT secara langsung, dan dapat membawa keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Baca juga:

 

1. Doa bangun tidur

 

الحَمْدُ لِلهِ الًّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ

“Segala puji bagi Allah, Tuhan yang menghidupkan kami setelah Ia mematikan kami. Kepada-Nya lah kebangkitan hari Kiamat.”

 

2. Doa sebelum memulai aktivitas

 

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا. رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي، وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي

“Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku.”

 

3. Doa masuk kamar mandi

 

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

“Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan mensehatkan aku.”

 

4. Doa ketika memakai pakaian

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا هُوَ لَهُ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا هُوَ لَهُ

"Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan sesuatu yang di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan sesuatu yang ada di dalamnya.”

 

5. Doa ketika melepas pakaian

 

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا إِلهَ إِلاَّ هُوَ

“Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia”

 

6. Doa keluar rumah

 

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

"Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

 

7. Doa masuk rumah

 

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ باسْمِ اللَّهِ وَلجْنا، وباسْمِ اللَّهِ خَرَجْنا، وَعَلى اللَّهِ رَبِّنا تَوَكَّلْنا

"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk, dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakkal."

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp