Doa Selamat dan Tolak Bala, Bertawakal Kepada Allah swt

By. Darma Taujiharrahman - 15 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Doa selamat adalah doa yang umumnya dibaca untuk memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT dalam segala keadaan dan situasi. Doa ini juga dapat membantu kita menghilangkan rasa khawatir dan cemas dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ada beberapa keutamaan yang bisa didapat dari membaca doa selamat secara rutin, dan berikut ini akan dibahas secara lebih detail.

 

Salah satu keutamaan dari membaca doa selamat adalah kita akan merasa aman dan dilindungi oleh Allah SWT. Ketika kita membaca doa selamat dengan ikhlas dan penuh kepercayaan, maka Allah SWT akan menjaga dan melindungi kita dari bahaya dan ancaman yang bisa mengancam keselamatan kita.

 

Doa selamat mengandung pengakuan atas kebesaran Allah SWT dan memohon pertolongan-Nya dalam segala aspek kehidupan kita.

 

Baca juga:

 

Dengan membaca doa selamat secara rutin, kita dapat meningkatkan kualitas iman kita karena terus-menerus mengingatkan diri untuk selalu bergantung dan mengandalkan Allah SWT dalam setiap hal.

 

Seringkali, kita merasa cemas dan khawatir terhadap berbagai hal dalam kehidupan. Dengan membaca doa selamat, kita dapat meredakan rasa cemas dan khawatir tersebut, karena doa selamat membantu kita memahami bahwa semua urusan tergantung pada kehendak Allah SWT.

 

Membaca doa selamat dengan tulus dan ikhlas juga dapat memperoleh keberkahan dalam kehidupan kita. Keberkahan tersebut dapat berupa perlindungan dari berbagai musibah dan ancaman, kelancaran dalam urusan kehidupan, dan kesejahteraan dalam hidup.

 

Doa selamat juga dapat membantu menjaga kesehatan spiritual kita. Karena dalam doa tersebut terdapat kalimat-kalimat yang mengajak kita untuk mengingat dan berdoa kepada Allah SWT dalam setiap waktu, maka secara tidak langsung doa selamat dapat membantu kita untuk senantiasa menjaga hubungan kita dengan Allah SWT.

 

Dilansir dari NU Online, salah satu doa selamat dan tolak bala adalah sebagai berikut:

 

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

“Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam” (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 55-56).

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp