Inilah Mausoleum Ataturk Makam Mustafa Kemal Ataturk dan Fakta Uniknya !

By. Siti Rahmawati - 15 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Mustafa dilahirkan pada 1881, di Selanik Utsmaniyah (kini Thessalonika di Yunani), sebagai anak seorang pegawai kecil yang kemudian menjadi pedagang kayu. Sesuai dengan kebiasaan Turki pada waktu itu, ia dinamai Mustafa saja.

 

 

Ayahnya, Ali Reza Afendi, seorang pegawai bea cukai, meninggal dunia ketika Mustafa baru berusia tujuh tahun. Karena itu, Mustafa kemudian dibesarkan oleh ibunya.

 

Kemudian dia dikenal dengan nama Mustafa Kemal Pasha.

 

 

Sumber gambar: https://id.wikipedia.org

 

 

Mustafa Kemal Ataturk dianggap sebagai tokoh besar yang telah membebaskan warga dari penjajahan. Makamnya megah dan menjadi tempat ziarah turis lokal dan asing.

 

 

Nah, nama Ataturk berarti bapak orang-orang Turki. Nama itu diberikan oleh parlemen pada 1934 atas jasanya membangun Turki menjadi negara sekuler yang modern.

 

 

Berikut deretan fakta makam Ataturk dikutip detikTravel dari CNN Indonesia:

 

 

Makam Ataturk berada di Jalan Tandogan, Ankara. Lokasinya sangat luas dan berada di atas bukit

 

 

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org

 

 

Traveler tidak dipungut biaya retribusi untuk masuk ke kawasan makam Ataturk.

 

 

Makam Ataturk terdiri atas beberapa bagian dan memiliki masa perjuangan Turki di masa meraih kemerdekaan usai Perang Dunia I pada 1920-an.

 

Bagian depan kompleks makam, pengunjung akan disambut dengan rindangnya pepohonan di Taman Perdamaian.

 

 

Sumber gambar : tourketurki.com

 

 

Disebut Taman Perdamaian. Taman ini memiliki tumbuhan dari 25 negara, melambangkan harmonisasi tanpa melihat latar belakang etnis dan keyakinan.

 

 

Jalan batu panjang yang disebut 'Jalan Singa'. Di kanan-kiri jalan sepanjang 200 meter ini terdapat patung-patung singa yang rebah.

 

 

Baca juga:

Traveling ke Turki, Selain Kebab Jangan Lewatkan Cicipi 5 Kuliner Lezat Ini !

 

 

 

Lapangan upacara berupa lapangan luas yang idealnya memuat 15 ribu orang. Lapangan itu berlantai keramik dengan 373 motif karpet era Kekaisaran Ottoman.

 

Sumber gambar: https://www.gazianteppusula.com

 

 

Di ujung lapangan berkibar 'Bendera Nomor Satu Turki' di tiang setinggi 33 meter. Bendera ini adalah kebanggaan masyarakat Turki dan tidak akan diturunkan kecuali pada hari kematian Ataturk. Bahkan, pada masa berkabung, bendera yang satu ini tidak pernah turun hingga setengah tiang.

 

 

Sumber gambar: https://travel.detik.com

 

 

Sebelah kanan lapangan, terdapat peti mati simbolis Ismet Inonu, sahabat Ataturk yang meninggal pada 25 Desember 1973. Inonu bersama-sama Ataturk di garis depan dalam perang kemerdekaan. Kuburan Inonu terletak tepat di bawah tanah peti mati simbolis itu berada.

 

 

 

Di sebelah kiri lapangan berdiri kokoh mausoleum Ataturk. Di dalam bangunan megah lebih dari 15 meter itu terdapat simbol dari makam Ataturk, yaitu peti mati yang terbuat dari marmer merah yang langka. Ataturk dikuburkan tujuh meter di bawah peti tersebut, di dalam tanah sesuai cara Islam.

 

Pengunjung tidak bisa melihat langsung kuburan Ataturk. Traveler hanya disuguhi video bentuk persemayamannya.

 

Sumber gambar: https://portaljogja.pikiran-rakyat.com

 

Kuburan Ataturk berbentuk oktagon dengan gaya arsitektur Ottoman, dengan bumbungan bentuk piramida di atasnya. Kuburan ini dikelilingi oleh vas-vas yang isinya tanah dari setiap provinsi di Turki.

 

 

Terdapat museum di bagian kanan mausoleum. Museum ini memamerkan benda-benda peninggalan Ataturk, mulai senjata, pakaian, surat, hingga jam tangan. Juga ada patung lilin Ataturk dan anjingnya bernama Fox. Terdapat juga diorama perang kemerdekaan Turki serta penjualan suvenir.

 

 

Ada yang unik dari semua jam yang dipamerkan dalam museum di makam Ataturk. Semua jarumnya menunjuk angka 09.05, tepat pada jam Ataturk meninggal dunia.

 

 

Baca juga:

Selain Cappadocia, Inilah 6 Destinasi Wisata Menarik di Turki !

 

 

 

Sekian pembahasan Batemuritour tentang wisata di Turki kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp