Doa - Doa yang Dianjurkan Saat Belajar, Agar Ilmu Jadi Lebih Berkah

By. Darma Taujiharrahman - 15 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Ilmu pengetahuan adalah salah satu harta paling berharga yang bisa dimiliki oleh manusia. Dalam Islam, belajar dan menuntut ilmu dianggap sebagai suatu kewajiban bagi setiap individu. Ada banyak keutamaan dan manfaat yang bisa diperoleh melalui proses belajar dan menuntut ilmu. Artikel ini akan membahas beberapa keutamaan penting dari aktivitas tersebut.

 

Belajar dan menuntut ilmu adalah salah satu bentuk ibadah yang dicintai oleh Allah SWT. Dalam hadis Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda, "Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya menuju surga." Dengan menuntut ilmu, kita mencari keridhaan Allah SWT dan berusaha untuk meningkatkan pemahaman kita tentang agama dan dunia.

 

Melalui proses belajar dan menuntut ilmu, kita dapat meningkatkan pemahaman kita tentang berbagai hal di sekitar kita.

 

Baca juga:

 

Ilmu pengetahuan memberi kita pengetahuan yang lebih mendalam tentang dunia dan membantu kita memahami fenomena alam, sejarah, budaya, dan banyak aspek lainnya. Selain itu, belajar juga dapat mengasah kecerdasan kita, meningkatkan daya berpikir kritis, dan memperluas wawasan kita.

 

Belajar dan menuntut ilmu membantu kita mengembangkan potensi dan kemampuan yang ada dalam diri kita. Setiap individu memiliki bakat dan keahlian yang berbeda-beda. Melalui proses belajar, kita dapat menemukan minat dan bakat kita, dan kemudian mengembangkan kemampuan tersebut. Ilmu pengetahuan memberi kita alat yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan dalam bidang yang kita geluti.

 

Dengan memiliki pengetahuan yang luas dan pemahaman yang mendalam, kita dapat menjadi individu yang lebih mandiri dan berdaya. Ilmu pengetahuan memberi kita alat untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari dan membantu kita mengambil keputusan yang bijaksana.

 

Dan untuk mencapai keutamaan dan keberkahan dalam belajar, tentunya dianjurkan kita untuk bertawakal dan menintipkan seluruh ilmu kita untuk kebenaran dan kemakmuran. Untuk itu membaca doa belajar menjadi suatu nilai tambah keberkahan dalam menuntut ilmu sebagai berikut.

 

1. Doa sebelum belajar

 

اللَّهُمَّ ارْزُقْنَا فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ اْلمَرْسَلِيْنَ وَإِلْهَامَ الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ، بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Ya Allah, anugerahilah kami pemahaman para nabi, hafalan para rasul, dan ilhamnya para malaikat yang dekat (dengan-Mu), sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Mahapengasih.”

 

2. Doa sesudah belajar

 

اَللّٰهُمَّ اِنِّى قَدِاسْتَوْدَعْتُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ إلَيْهِ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

“Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

 

3. Doa agar tidak lupa

 

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ نَفْسِيْ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ

“Ya Allah, jadikan jiwa kami menjadi tenang, beriman akan adanya pertemuan dengan-Mu, dan rela atas garis yang Engkau tentukan.”

 

4. Doa agar terhindar dari ilmu yang tidak bermanfaat

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَقَلْبٍ لا يَخْشَعُ وَعَمَلٍ لَا يُرْفَعُ وَدُعَاءٍ لَايُسْمَعُ

 Ya Allah aku berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu', amal yang tidak diangkat diterima, dan doa yang tidak didengar.”

 

5. Doa menjawab soal ujian

 

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

 “Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kaupersulit,” (Lihat Imam An-Nawawi, awal Raudhatut Thalibin, Darul Fikr).

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp