Mustajab!!! Tuai Keberkahan, Mulai Aktivitas dengan Doa Ini

By. Darma Taujiharrahman - 16 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Setiap kali kita melibatkan diri dalam aktivitas apa pun, baik itu tugas harian, proyek besar, atau bahkan perjalanan hidup, menentukan niat dan tujuan yang jelas sangat penting. Niat dan tujuan yang baik membantu memberikan arah, motivasi, dan fokus yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan.

 

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa menentukan niat dan tujuan aktivitas itu penting dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi hasil yang kita capai.

 

Memberikan arah dan fokus: Menentukan niat dan tujuan membantu kita mengetahui ke arah mana kita ingin menuju dan apa yang ingin kita capai. Tanpa arah yang jelas, kita mungkin merasa kehilangan atau bingung dalam menjalani aktivitas.

 

Niat yang ditetapkan dengan baik membantu kita mengidentifikasi apa yang ingin kita lakukan, sementara tujuan memberikan panduan tentang bagaimana mencapainya. Dengan demikian, kita dapat fokus pada langkah-langkah yang diperlukan dan meningkatkan efisiensi serta produktivitas.

 

Baca juga:

 

Meningkatkan motivasi: Niat dan tujuan yang jelas juga memberikan motivasi intrinsik yang kuat. Ketika kita memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang ingin dicapai, itu dapat menjadi sumber inspirasi dan dorongan untuk mencapainya.

 

Ketika kita memiliki niat yang kuat dan tujuan yang bermakna, kita cenderung lebih bersemangat dan terdorong untuk bekerja keras dan melampaui batasan. Motivasi ini membantu kita mengatasi tantangan dan rintangan yang mungkin muncul di sepanjang perjalanan.

 

Mengukur keberhasilan: Dalam menentukan niat dan tujuan, penting untuk membuat tujuan yang dapat diukur dan terukur. Dengan cara ini, kita dapat mengevaluasi kemajuan kita seiring waktu dan melihat sejauh mana kita telah mencapai tujuan kita.

 

Mengukur keberhasilan memberikan umpan balik yang berharga dan memungkinkan kita untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan atau diubah. Tanpa niat dan tujuan yang jelas, akan sulit untuk menilai apakah kita telah mencapai apa yang kita inginkan atau tidak.

 

Bertawakal dan berdoa: Dalam memulai segala aktivitas pastikan seluruhnya harus dititipkan dengan bertawakal kepada Allah swt Tuhan semesta alam. Dengan berdoa seseorang akan memiliki kekuatan spiritual tambahan agar dapat memaksimalkan segala aktivitas.

 

Dalam al-Quran surat al – Kahf ayat 10 dan Thaha ayat 25 – 26 pemuda Kahf dan Nabi Musa telah menyampaikan rangkaian doa untuk menitipkan kelancaran aktivitas kepada Allah swt

 

رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu dan mudahkanlah bagi kami petunjuk untuk segala urusan kami.”

 

رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ ۙ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙ

 “Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah untukku urusanku,

 

Dilansir dari NU Online, Sayyid Muhammad Az-Zabidi dalam Kitab Ithafus Sadatil Muttaqin (Syarah Ihya Ulumiddin) mengatakan, doa ini dapat dibaca ketika kita hendak memulai aktivitas atau mulai menggeluti bidang-bidang kehidupan tertentu.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp