Raih Keluarga SAMAWA, Berikut Doa yang Harus Dibaca Usai Akad Nikah

By. Darma Taujiharrahman - 16 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Menjadi pasangan suami-istri adalah komitmen yang mendalam untuk membangun hubungan yang berkelanjutan, saling mendukung, dan penuh kasih sayang. Hubungan pernikahan adalah perjalanan yang penuh liku dan memerlukan dedikasi dari kedua belah pihak. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa aspek penting dalam menjadi pasangan suami-istri yang sukses dan bahagia.

 

Komunikasi yang efektif: Komunikasi yang baik adalah landasan dari hubungan yang sehat. Sebagai pasangan suami-istri, penting untuk terbuka, jujur, dan mendengarkan dengan penuh perhatian.

 

Berbagi pikiran, perasaan, dan harapan dengan pasangan secara teratur membantu mencegah ketidaksepahaman dan membangun pemahaman yang lebih baik satu sama lain. Pastikan untuk memberikan ruang kepada pasangan untuk berbicara dan bertukar pendapat, dan jangan takut untuk membahas masalah yang sulit secara konstruktif.

 

Baca juga:

 

Kolaborasi dan kemitraan: Sebagai pasangan suami-istri, penting untuk melihat diri Anda sebagai tim yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Berbagi tanggung jawab dalam rumah tangga, pengasuhan anak, dan keputusan-keputusan penting memperkuat ikatan kemitraan Anda. Jalinlah kompromi dan dukungan satu sama lain dalam mencapai impian dan aspirasi individu maupun bersama.

 

Untuk bisa mencapai cita – cita suatu hubungan pernikahan yang harmonis, Nabi Muhammad saw telah menyampaikan bermacam doa yang dapat dibaca sebagai wujud tawakal menitipkan keharmonisan keluarga kepada Allah swt

 

Beberapa redaksi ini umumnya dibaca usai melaksanakan akad pernikahan

 

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

“Semoga Allah memberkahimu dalam suka dan duka dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua di dalam kebaikan.” 

 

اَللّٰهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ اٰدَمَ وَحَوَّاءَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَسَارَةَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ سَيِّدَنَا يُوْسُفَ وَزُلَيْخَاءَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَيِّدَتِنَا خَدِيْجَةَ الْكُبْرَى وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا عَلِيِّ وَسَيِّدَتِنَا فَاطِمَةَ الزَّهْرَاءَ

 

“Ya Allah, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Adama dan Hawa, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Ibrahim dan Sarah, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Yusuf dan Zulaikha, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Baginda Nabi Muhammad shallallâhu ‘alaihi wa sallama dan Khadijah Al-Kubra, dan rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Ali dan Fathimah Az-Zahra.”

 

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ هٰذَا الْعَقْدَ عَقْدًا مُبَارَكًا مَعْصُوْمًا وَأَلْقِ بَيْنَهُمَا أُلْفَةً وَقَرَارًا دَائِمًا وَلَا تَجْعَلْ بَيْنَهُمَا فِرْقَةً وَفِرَارًا وَخِصَامًا وَاكْفِهِمَا مُؤْنَةَ الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ

“Ya Allah, jadikanlah akad ini sebagai ikatan yang diberkahi dan dilindungi, tanamkan di antara keduanya kerukunan dan ketetapan yang langgeng, jangan Engkau jadikan di antara keduanya perpecahan, perpisahan dan permusuhan, dan cukupi keduanya bekal hidup di dunia dan akhirat.”

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp