Ingin Keluarga Tetap Harmonis? Ini Dia 5 Kewajiban Suami Terhadap Isteri yang Harus Dipenuhi

By. Dewi Savitri - 16 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Suami memiliki peran yang penting sebagai kepala keluarga dan pemimpin yang bertanggung jawab dalam memimpin, melindungi, dan memberikan nafkah bagi keluarganya. Artikel ini akan membahas tentang tanggung jawab suami dalam Islam dan bagaimana pelaksanaan tugas ini secara baik akan membawa keharmonisan dalam keluarga.

 

Baca Juga: Piramida Giza Hingga Sungai Nil, Ini Dia 6 Rekomendasi Wisata di Mesir

 

Ternyata, masih banyak yang belum paham mengenai apa saja kewajiban suami terhadap isteri menurut ajaran Islam. Selama ini, nilai-nilai yang beredar dikalangan masyarakat cenderung lebih menuntut kaum wanita sebagai isteri untuk taat kepada suami. Adanya tuntutan ini tidak diimbangi dengan pemenuhan hak isteri yang sebenarnya yang justru penting untuk dilakukan.

 

Lalu apa saja kewajiban suami yang harus dipenuhi terhadap isteri?

 

Dikutip dari suara.com, Imam Al-Ghazali dalam kitabnya yang berjudul Al-Adab fid Din dalam Majmu’ah Rasail, Imam Ghazali (Kaira, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah) menjelaskan mengenai adab suami terhadap isteri.

 

‘Adab suami terhadap isteri yaitu berinteraksi dengan baik, bertutur kata yang lembut, menunjukkan cinta kasih, bersikap lapang ketika sendiri, tidak terlalu sering mempersoalkan kesalahan, memaafkan jika isteri berbuat salah. Kemudian, suami juga menjaga harta isteri, tidak banyak mendebat, mengeluarkan biaya untuk kebutuhan isteri secara tidak bakhil (pelit), memuliakan keluarga isteri, senantiasa memberi janji yang baik, dan selalu bersemangat terhadap isteri.’

 

Berikut adalah beberapa kewajiban suami terhadap isteri yang harus dipenuhi menurut Islam :

 

1. Memberikan Mahar

 

Mahar yang dimaksud bukan hanya sekedar syarat sah menikah saja, namun juga sebuah bentuk pemenuhan kewajiban suami terhadap isteri untuk pertama kalinya, sekecil apapun nominalnya. Kewajiban seorang suami untuk memberikan mahar kepada isteri sudah ada didalam Al-Qur’an yaitu dalam surat An-Niasa yang artinya: “Berikanlah mas kawin kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan.”

 

2. Memberikan Nafkah yang Halal

 

Nafkah adalah hak isteri yang wajib dipenuhi oleh suami. Dalam islam, seorang suami wajib memberikan nafkah yang cukup dan memenuhi kebutuhan isteri yang diperoleh dari pekerjaan yang baik dan halal.

 

Baca Juga: Menjadi Guru bagi Suaminya, Inilah Kisah Tabi’in Wanita Fatimah binti al-Mundzir !

 

3. Menggauli Isteri dengan Baik

 

Selain memenuhi kebutuhan dan memberikan nafkah secara lahir terhadap isteri, isteri juga berhak untuk mendapatkan nafkah batin dari suami. Nafkah batin ini menjadi salah satu kewajiban suami yang wujudnya berupa hubungan suami isteri yang bersifat mesra, intim dan penuh kasih sayang.

 

4. Menghormati Isteri

 

Kewajiban suami yang harus diberikan terhadap isteri berikutnya adalah menghormati isteri dalam kondisi apapun. Bentuk dari penghormatan suami kepada isteri dilakukan misalnya dengan mendengarkan perkataan isteri dengan baik, menghargai setiap pendapat isteri, melaksanakan perintah isteri, dan menjaga nama baik isteri didepan keluarga dan orang lain.

 

5. Menjaga Aib

 

Suami dan isteri dalam islam bagaikan pakaian yang saling melengkapi satu sama lain. Maka dari itu, salah satu kewajiban suami terhadap isteri adalah menjaga aibnya.

 

6. Membimbing Isteri

 

Baca Juga: Menikah saat Ihram? Ini Dia Penjelasannya!

 

Suami adalah imam didalam keluarga, dan kewajiban suami terhadap isteri yang paling utama ialah membimbing isteri dan keluarga agar tetap dijalan Allah SWT, menaati perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

 

Itulah beberapa kewajiban suami yang harus diberikan kepada isteri menurut Islam yang Batemuri rangkum untuk Sobat sekalian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat yang membaca. Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp