Ingin Berbakti Kepada Kedua Orang Tua? Bacakan Doa Untuk Mereka!!!

By. Darma Taujiharrahman - 16 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Orang tua adalah anugerah yang tak ternilai bagi setiap individu. Mereka adalah sosok yang memberikan kasih sayang, perlindungan, dan bimbingan sepanjang hidup kita. Berbakti kepada orang tua adalah tanggung jawab moral dan kewajiban filial yang tidak boleh diabaikan.

 

Melalui penghargaan, perhatian, dan dukungan kita, kita dapat membalas segala pengorbanan yang telah mereka berikan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi arti berbakti kepada orang tua dan bagaimana kita dapat melakukannya.

 

Berbakti kepada orang tua adalah sikap menghormati, mengasihi, dan menghargai peran penting yang mereka mainkan dalam kehidupan kita. Hal ini melibatkan tidak hanya memberikan dukungan finansial dan materi, tetapi juga memberikan perhatian emosional, waktu, dan perhatian yang tulus kepada mereka.

 

Baca juga:

 

Dalam QS Al-Isra’ telah diperintahkan kepada manusia untuk menunjukan bakti dan taatnya kepada kedua orang tua

 

۞ وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

"Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, serta ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."

 

Dalam penjelasan tafsirnya diterangkan bahwa manusia memiliki dua golongan; ada yang menghendaki kehidupan dunia saja dan ada yang menghendaki kehidupan akhirat di samping kehidupan dunia.

 

Ayat ini selanjutnya menjelaskan tatakrama pergaulan antar manusia dalam kehidupannya. Ayat ini menyatakan, “Dan Tuhanmu telah menetapkan dan memerintahkan agar kamu wahai sekalian manusia jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.

 

Dan salah satu perbuatan bakti sebagaimana dicontohkan oleh para pemimpin Islam adalah dengan mendoakan mereka dengan redaksi doa yang umum dibaca untuk mendoakan kedua orang tua adalah

 

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

"Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp