Kewajiban Istri Kepada Suami Menurut Islam: Cinta, Kerjasama, dan Penghormatan

By. Dewi Savitri - 16 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Istri memiliki peran penting dalam membentuk keharmonisan keluarga. Islam mengajarkan bahwa seorang istri harus melaksanakan kewajiban-kewajibannya terhadap suami dengan penuh cinta, kerjasama, dan penghormatan. Artikel ini akan membahas tentang kewajiban istri terhadap suami menurut Islam, sebagai upaya untuk menciptakan keluarga yang bahagia dan harmonis.

 

Baca Juga: Raih Keluarga SAMAWA, Berikut Doa yang Harus Dibaca Usai Akad Nikah

 

Apa saja kewajiban seorang isteri terhadap suami menurut agama islam?

 

Berikut adalah beberapa kewajiban seorang isteri terhadap suami menurut agama islam:

 

1. Taat pada Suami

 

Seorang isteri diwajibkan untuk taat kepada suaminya. Contohnya, pada keadaan dimana seorang isteri memiliki kelebihan finansial daripada suami, tidak menjadi alasan untuk kemudian seorang isteri dibenarkan untuk tidak menaati suami. Karena, bagaimanapun juga suami merupakan seorang kepala keluarga yang nantinya akan bertanggung jawab di akhirat.

 

2. Menjaga Diri saat Ditinggal Pergi

 

Saat seorang wanita sudah memiliki suami, harga dirinya merupakan harga diri suaminya juga. Oleh karena itu, seorang isteri hendaknya dapat menjaga diri dengan baik ketika ditinggal pergi oleh suaminya.

 

3. Memperlakukan Suami dengan Benar

 

Baca Juga: Doa - Doa Mencapai Kebaikan Bagi Anak, Capai Keberkahan dari Keturunan

 

Perlakuan yang baik terhadap suami dapat diartikan dengan menjaga nama baik suami. Dengan begitu, seorang isteri sebisa mungkin harus dapat menekan dan menahan egonya serta dapat mempertanggung jawabkan kehormatannya sebagai seorang isteri.

 

4. Melayani Suami

 

Melayani suami merupakan kewajiban sekaligus ibadah yang harus dipenuhi seorang isteri kepada pasangannya dengan tetap dijalan Allah dan tidak melanggar aturan Allah SWT.

 

5. Memenuhi Hasrat Suami

 

Memenuhi hasrat suami merupakan salah satu hal yang harus dipenuhi seorang isteri. Hal ini dilakukan dengan catatan isteri tidak sedang dalam keadaan tidak suci. Artinya, pada saat haid dan nifas suami harus memberi pengertian kepada isteri.

 

Baca Juga: Ingin Keluarga Tetap Harmonis? Ini Dia 5 Kewajiban Suami Terhadap Isteri yang Harus Dipenuhi

 

Itulah beberapa kewajiban isteri terhadap suami menurut islam yang harus dipenuhi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Batemuri sekalian.

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sekian pembahasan Batemuri kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp