Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua dalam Islam: Menjaga Hubungan dengan Allah melalui Orang Tua

By. Dewi Savitri - 16 May 2023

Bagikan:
img

 

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Islam mengajarkan pentingnya berbakti kepada orang tua. Menjaga hubungan dengan Allah juga dapat dilakukan melalui hubungan dengan orang tua. Berikut adalah keutamaan berbakti kepada orang tua dalam Islam:

 

Baca Juga: Ingin Berbakti Kepada Kedua Orang Tua? Bacakan Doa Untuk Mereka!!!

 

1. Mendapatkan Pahala yang Besar

 

Berbakti kepada orang tua merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan pahala yang besar. Allah SWT telah menjanjikan pahala yang besar bagi mereka yang berbakti kepada orang tua. Bahkan terdapat sebuah hadits yang mengatakan bahwa Allah meridhoi setiap ridha orang tua dan Allah akan murka terhadap sesuatu yang membuat orang tua murka.

 

2. Penghormatan Terhadap Orang Tua Merupakan Penghormatan Terhadap Allah

 

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menyatakan pentingnya penghormatan terhadap orang tua. Dalam Surat Al-Isra ayat 23, Allah SWT menyebutkan, "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya." Penghormatan terhadap orang tua sama dengan penghormatan terhadap Allah SWT.

 

3. Melatih Kedisiplinan

 

Berbakti kepada orang tua dapat melatih kedisiplinan dan memupuk sikap bertanggung jawab pada diri seseorang. Menuruti keinginan orang tua dengan ikhlas dan tanpa syarat akan memperkuat kemauan dan kemampuan untuk memenuhi kewajiban yang lain, termasuk kewajiban pada diri sendiri, masyarakat, dan negara.

 

Baca Juga: Ingin Keluarga Tetap Harmonis? Ini Dia 5 Kewajiban Suami Terhadap Isteri yang Harus Dipenuhi

 

4. Menjaga Persatuan Keluarga

 

Persatuan keluarga menjadi semakin penting dalam kehidupan modern. Berbakti kepada orang tua dapat memperkuat persatuan keluarga dan membangun hubungan yang kuat antara anggota keluarga. Menjaga hubungan yang harmonis dengan orang tua akan membuka pintu untuk menjalin hubungan yang baik dengan anggota keluarga lainnya.

 

5. Meningkatkan Kualitas Hidup

 

Meningkatkan kualitas hidup adalah salah satu keuntungan dari berbakti kepada orang tua. Memberikan waktu, perhatian, dan kasih sayang kepada orang tua dapat memberikan rasa bahagia dan kepuasan yang tidak dapat diukur dengan apapun.

 

Baca Juga: Cahaya Misterius di Kutub, Ini Dia 5 Fakta Aurora yang Buat Takjub

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Itulah beberapa keutamaan berbakti kepada orang tua menurut ajaran islam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat yang membaca. 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp