Tak Kalah Dari Labuan Bajo, Inilah Pesona Timor Tengah Selatan

By. Siti Rahmawati - 16 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Masih berada di pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tak kalah pesona dengan labuan bajo, pesona Timor Tengah Selatan bisa anda jadikan sebagai destinasi yang wajib dikunjungi.

 

Kabupaten Timor Tengah Selatan adalah salah satu kabupaten yang berada di Nusa Tenggara Timur dengan ibukota berada di kota Soe.

 

 

Kabupaten TTS memiliki sejumlah dataran dengan tipe yang berlainan. Dataran Pantai Selatan Pulau Timor di Kabupaten TTS didominasi oleh dataran aluvial yang datar sampai berkemiringan landai. Pada bagian lain pulau dalam wilayah Kabupaten TTS didominasi pegunungan. 

 

Berikut adalah 5 Destinasi wisata di TTS, yang sayang untuk dilewatkan:

 

1. Gunung Marmer Fatumnasi

 

Sumber gambar: nativeindonesia.com

 

Kabupaten TTS memiliki taman wisata fatumnasi yang sangat indah dan masih sangat alami dan asri. Fatumnasi menyajikan panorama alam pegunungan yang sangat mempesona dimana udaranya yang sangat sejuk dan sangat nyaman.

 

Selain panorama pegunungan yang sangat mempesona wisata juga menyajikan wisata tumbuhan yang sangat langka yaitu Bonsai alam yang berumur sudah ratusan tahun yang tumbuh secara alami yang batang dan dahannya yang berlumut yang menyajikan pesona yang sangat indah untuk diabadikan.

 

Pengunjung yang datang ke Fatumnasi, dari pertamakali memasuki kawasan tersebut akan disajikan dengan pepohonan yang tumbuh dengan baik, dan hewan ternak yang banyak, seperti kuda, dan sapi.

 

2. Gunung Mutis

 

Gunung Mutis merupakan salah-satu gunung tertinggi yang ada di Pulau Timor. Kehadiran Gunung Mutis tidak bisa dilepaskan dengan kehadiran penjaga gunung tersebut, yaitu Suku Dawan.

Sebetulnya, Gunung Mutis dengan Fatumnasi adalah paket kunjungan layaknya dua sisi mata uang. Dan kunjungan ke Gunung Mutis, beserta Fatumnasi bisa menjadi wisata edukasi, selain dari wisata alam.

 

pesona gunung mutis

Sumber gambar: nativeindonesia.com

 

Salah-satu yang terkenal dari Gunung Mutis adalah Cagar Alam Gunung Mutis. Selain itu, kawasan Gunung Mutis terkenal juga dengan kekayaan marmernya.

 

3. Bukit Fatukopa

 

 

 

Baca juga :

Inilah Mausoleum Ataturk Makam Mustafa Kemal Ataturk dan Fakta Uniknya !

 

 

Bukit Fatukopa adalah bukit eksotis yang berbalut dengan nilai budaya, adat – istiadat, serta keyakinan masyarakat setempat. Bahkan Bukit Fatukopa dianggap sebagai bukit yang dikeramatkan.

Nama Fatukopa diambil dari bentuk bukit tersebut, karena istilah Fatukopa bermakna Batu Kapal. View terindah adalah saat melihat pesona matahari yang perlahan mulai terbenam.

 

 

fatukopa

Sumber gambar: nativeindonesia.com

 

 

Bukit Fatukopa tidak bisa dijamah oleh pengunjung. Hal tersebut dikarenakan akses jalannya yang sangat sulit,  serta berbahaya.

Meskipun demikian, keindahan Bukit Fatukopa dapat dinikmati dari spot yang ada di seberang bukit tersebut. Bahkan spot tersebut terkadang dijadikan area camping oleh para pengunjung.

 

Lokasi Bukit Fatukopa terletak di Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dan tiket masuk menuju kawasan tersebut gratis.

 

 

4. Pantai Kolbano

 

 

pesona pantai kolbano

Sumber gambar : nativeindonesia.com

 

Selanjutnya kita menuju ke Pantai Kolbano yang terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pesona keindahan yang tersaji di Pantai Kolgano merupakan pesona keindahan yang sangat langka terjadi di Indonesia, bahkan dunia.

 

 

Pantai selalu identik dengan hamparan pasir, yang berpadu membentuk sebuah sajian keindahan alam. Namun berbeda dengan Pantai Kolbano.

Hal yang menarik dengan Pantai Kolbano adalah keberadaan pasir yang diganti dengan hamparan kerikil, yang berwarna warni.

 

 

5. Hutan Bunga Lavender

 

Objek wisata selanjutnya adalah Hutan Bunga Lavender, atau Taman Bunga Lavender yang terletak di Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Objek wisata ini memang tergolong sebagai objek wisata musiman. Yaitu sebuah objek wisata yang sangat tergantung dengan musim tertentu.

 

 

Keindahan Bunga Lavender dapat dinikmati oleh paSra pengunjung sekitar bulan Juni hingga bulan Agustus. Jadi, bagi traveler yang khusus ingin datang ke lokasi tersebut, harus di waktu yang tepat.

 

 

Baca juga :

Penting Diperhatikan, Beginilah Hukum Menjaga Kesucian Badan dan Pakaian dalam Sholat!

 

Beda Istinja’ dan Istijmar Berikut Hukum dan Ketentuannya !

 

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp