Baru !! Jeep Tour Gunung Batur Nikmati Pesona Black Sand & Lava, Sudah Pernah Kesini?

By. Siti Rahmawati - 16 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Bingung menentukan tujuan liburan di kesempatan yang akan datang? Bali bisa anda jadikan alternatif yang menarik, loh.

 

Pulau Dewata ini sudah terkenal hingga ke kancah global berkat kebudayaan dan seninya yang indah. Tidak cuma itu, lansekap pulau ini pun mengundang decak kagum khalayak ramai sehingga wisata alam Pulau Bali tidak kalah menggugah dan mengundang jutaan wisatawan untuk menjajal.  

 

 

Bicara keindahan dan pesona alam Bali memang tidak ada tanda titiknya. Ada saja spot indah dan baru yang ditemukan.

 

 

Salah satunya adalah lautan pasir hitam bekas muntahan vulkanik Gunung Batur Purba di wilayah Kintamani, Kabupaten Bangli.

 

Destinasi itu dikenal dengan nama Black Lava Mount Batur. Disesuaikan dengan asal muasalnya. Tercipta dari lelehan lava Gunung Batur yang membeku dan berwarna hitam.

 

 

Sumber gambar: https://sunrisejeepadventure.com

 

 

 

Gunung Batur adalah sebuah gunung api purba yang pernah meletus ribuan tahun lalu dan meninggalkan jejak berupa anak gunung seperti yang terlihat saat ini.

 

Letusan tersebut juga menciptakan danau besar dalam kaldera yang di namakan Danau Batur. Letusan pertama yang terekam dalam sejarah terjadi di tahun 1804 dan erupsi terakhir tercatat terjadi di awal tahun 2000. 

 

 

Struktur tanah yang subur pada kaldera Gunung Batur menjadi permulaan kelahiran beberapa desa di area tersebut. Di seputar kaki gunung ada Desa Batur, Toya Bungkah, Trunyan, Songan, dan Kedisan.

 

Penduduk desa berprofesi sebagai petani tetapi seiring dengan kepopuleran Gunung Batur yang semakin meningkat, pariwisata juga menjadi sumber pendapatan masyarakat setempat.

 

 

Baca juga :

Tak Kalah Dari Labuan Bajo, Inilah Pesona Timor Tengah Selatan

 

Rekomendasi Kuliner dan Oleh-oleh Labuan Bajo Ini Jangan Sampai Terlewatkan!

 

 

Kini, kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi yang makin banyak dikunjungi traveler. Terutama para penggemar uji adrenalin dan off-road. Hal itu wajar, mengingat objek yang juga bernama Lava Tumuli Batur tersebut menyajikan tantangan mengasyikkan sambil menikmati indahnya panorama Gunung dan Danau Batur yang ikonik.

 

Penggemar off-road bisa menjelajahi lereng Gunung Batur dengan mobil jeep 4WD lewat jalur Black Lava. Atau bisa juga dengan motor trail. Untuk para pencinta alam, mereka bisa hiking.

 

 

Black Lava terletak di pos 3 yang dikelola oleh Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali. Medannya cukup menantang. Melewati batuan tajam dan bentangan bukit pasir berwarna hitam. Hanya kendaraan penjelajah yang bisa melintasinya.

 

 

Selain itu, ada sejumlah spot lain di Black Lava Mount Batur yang digemari para petualang. Di antaranya, bongkahan batu-batu besar berwarna hitam dengan background Gunung Batur dan beberapa gazebo untuk beristirahat.

 

 

Dan, tentu saja, maskot yang menjadi pemikat wisatawan untuk datang ke sana adalah sunrise (matahari terbit) di Gunung Batur.

 

 

Melihat potensi Black Lava yang begitu besar untuk menyedot kedatangan wisatawan dengan hobis khusus off-road. Sejumlah penyedia jasa penyewaan mobil dan motor off-road mulai menjamur di sana.

Selain aktivitas off-road, pengunjung juga bisa menikmati view Gunung dan Danau Batur. Agrowisata petik sayur dan buah jeruk.

 

 

Baca juga:

 

Inilah Mausoleum Ataturk Makam Mustafa Kemal Ataturk dan Fakta Uniknya !

 

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp