Ingin Cepat Berangkat Haji? Berikut Doa Agar Cepat Menerima Panggilan ke Rumah Allah SWT

By. Darma Taujiharrahman - 17 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib bagi setiap Muslim yang mampu melakukannya. Sebagai salah satu dari lima pilar Islam, ibadah haji memiliki nilai dan makna yang sangat mendalam bagi umat Muslim di seluruh dunia.

 

Karena itu, tidak mengherankan jika keinginan untuk berangkat haji menjadi impian banyak orang Muslim.

 

Berangkat haji adalah perjalanan spiritual yang diidamkan oleh jutaan Muslim setiap tahunnya. Hal ini terkait dengan keyakinan akan pentingnya ibadah tersebut dalam menggapai kesempurnaan diri dan mendekatkan diri kepada Allah.

 

Ada beberapa alasan mengapa keinginan berangkat haji menjadi begitu kuat dan didambakan oleh umat Muslim. 

 

Baca juga:

 

Pertama-tama, haji merupakan kesempatan untuk memperdalam pengetahuan agama. Selama pelaksanaan haji, para jamaah mendapatkan kesempatan untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam secara langsung di Tanah Suci.

 

Mereka dapat melihat dan merasakan tempat-tempat yang terkait dengan kehidupan Nabi Muhammad SAW serta peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam. Dalam perjalanan ini, jamaah juga berinteraksi dengan sesama Muslim dari berbagai negara, saling berbagi pengalaman dan pengetahuan, sehingga melahirkan kekayaan spiritual yang tak ternilai.

 

Kedua, haji memberikan kesempatan untuk melakukan introspeksi diri. Dalam rutinitas yang sibuk dan hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari, seringkali kita terjebak dalam urusan duniawi yang membuat kita lupa akan tujuan sejati hidup.

 

Haji adalah momen yang memberikan kesempatan bagi setiap Muslim untuk berhenti sejenak, merenung, dan memperbaiki diri. Proses ibadah haji, mulai dari tawaf di Ka'bah, melontar jumrah, hingga wukuf di Arafah, semuanya memberikan kesempatan untuk merenungkan makna hidup dan memperkuat ikatan spiritual dengan Allah.

 

Mengingat haji merupakan salah satu ibadah dan wujud ketaatan seorang hamba kepada Tuhannya, tentu untuk mengerjakannya tidak semata karena memiliki kecukupan fisik dan finansial saja. Namun juga harus disertai dengan doa dan tawakal kepada Allah swt.

 

Alquran surat Al-Baqarah ayat 128 mengabadikan doa Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail. Doa ini bagus dipanjatkan bagi setiap orang yang beriman yang ingin cepat dipanggil Allah sebagai tamunya (bisa berangkat haji).

 

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَآ اُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَۖ وَاَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۚ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

"Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang berserah diri kepada-Mu, (jadikanlah) dari keturunan kami umat yang berserah diri kepada-Mu, tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan manasik (rangkaian ibadah) haji, dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang."

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp