Bacaan Doa Tawaf Wada Lengkap, Tawaf Perpisahan Bagi Jamaah Haji dan Umrah

By. Darma Taujiharrahman - 19 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Tawaf Wada' merupakan istilah dalam agama Islam yang merujuk pada penghormatan terakhir yang dilakukan oleh para jemaah haji sebelum meninggalkan Kota Suci Mekah. Tawaf Wada' juga dikenal sebagai Tawaf Perpisahan, karena ritual ini menandai akhir perjalanan ibadah haji dan menjadi momen penutup yang sarat makna bagi para jemaah.

 

Secara harfiah, kata "tawaf" berarti mengelilingi atau berputar, sedangkan "wada'" berarti perpisahan. Oleh karena itu, Tawaf Wada' mengacu pada tindakan mengelilingi Ka'bah dalam jumlah putaran tertentu sebagai penutup ibadah haji sebelum kembali ke tempat asal masing-masing.

 

Pelaksanaan Tawaf Wada' dilakukan di Masjidil Haram, tempat bersemayamnya Ka'bah yang dianggap sebagai tempat paling suci dalam agama Islam. Para jemaah haji melakukan tujuh putaran mengelilingi Ka'bah dalam arah searah jarum jam. Setiap putaran dimulai dari Hajar Aswad, yaitu batu hitam di sudut Ka'bah, dan diakhiri di tempat yang sama.

 

Baca juga:

 

Tawaf Wada' memiliki makna dan tujuan yang mendalam dalam konteks ibadah haji. Ritual ini menandai akhir perjalanan haji dan memperingatkan para jemaah bahwa mereka akan segera meninggalkan tempat yang penuh keberkahan dan kembali ke kehidupan sehari-hari mereka.

 

Tawaf Wada' juga menjadi momen penting bagi para jemaah untuk meluapkan rasa syukur, memohon ampunan, dan mengucapkan selamat tinggal kepada Baitullah yang merupakan rumah Allah. Ibadah haji sendiri mengajarkan tentang kesederhanaan, kesatuan, dan perasaan solidaritas umat Muslim di seluruh dunia. Melalui Tawaf Wada', para jemaah menggambarkan kesadaran akan keterbatasan manusia dan keagungan Tuhan yang harus terus dihayati di luar perjalanan haji.

 

Dan dalam pelaksanaannya berikut ini adalah bacaan doa Thawaf Wada’

 

Doa Tawaf Wada


سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللهَ اللهُ أَكْبَرُ. وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. اللَّهُمَّ إِيْمَانًا بِكَ وَتَصَدِّيْقًا بِكِتَابِكَ وَوَفَاءاً بِعهدك وَاتِّبَاعًا لِسُنَّةِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْئَلُكَ الْعَفْوَى وَالْعَافِيَةَ الدَّائِمَةَ فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْأَخِرَةَ وَالْفَوْزَ بِالْجَنَّةِ وَالنَّجَاةِ مِنَ النَّارِ

“Maha suci Allah, segala bentuk pujian hanya pantas disanjungkan kepada-Nya, sebab tiada Tuhan selain Allah, Dzat Yang Maha Besar. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali berasal dari sisi-Nya yang Maha Mulia lagi Maha Agung. Shalawat serta salam semoga senantiasa tertuju kepada Rasulullah, sebagaimana Allah selalu mencurahkan shalawat dan salam kepada beliau. Ya Allah, aku melakukan tawaf ini hanya karena beriman kepada-Mu, membenarkan kitab-Mu, dan memenuhi janjiku pada-Mu, serta mengikuti sunnah Nabi-Mu Muhammad Saw. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan kepada-Mu, kesehatan, danperlindungan yang kekal dalam menjalankan aturan agama, baik urusan dunia maupun akhiratku, juga untuk beroleh kenikmatan surga dan terhindar dari azab neraka.”

 

Doa Sesudah Tawaf Wada

اَللّٰهُمَّ الْبَيْتُ بَيْتُكَ وَالْعَبْدُ عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ اَمَتِكَ حَمَلْتَنِى عَلَى مَاسَخَّرْتَ لِى مِنْ خَلْقِكَ حَتَّى سَيَّرْتَنِى فِى بِلاَدِكَ وَبَلَّغْتَنِى بِنِعْمَتِكَ حَتَّى اَعَنْتَنِى عَلَى قَضَاءِمَنَاسِكِكَ فَاِنْ كُنْتَ رَضِيْتَ عَنِّى فَازْدَدْعَنِّى رِضًى, وَاِلاَّفَمِنَ الْاٰ نَ قَبْلَ اَنْ يَنْأَى عَنْ بَيْتِكَ دَارِى هٰذَااَوَانُ انْصِرَافِى, اِنْ اَذِنْتَ لِى غَيْرَمُسْتَبْدِلٍ بِكَ وَلاَبِبَيْتِكَ وَلاَرَاغِبٍ عَنْكَ وَلاَ عَنْ بَيْتِكَ, اَللّٰهُمَّ فَاَصْحِبْنِى اَلْعَافِيَةَ فِى بَدَنِى وَالْعِصْمَةَ فِى دِيْنِى وَاَحْسِنْ مُنْقَلَبِى وَارْزُقْنِى طَاعَتَكَ مَااَبْقَيْتَنِى وَاجْمَعْ لِى خَيْرَىِ الْاٰ خِرَةِ وَالدُّنْيَا, اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

“Ya Allah, baitu (rumah) ini adalah rumah-Mu, dan hamba ini adalah hamba-Mu, anak hamba-Mu, dan anak hamba perempuan-Mu. Engkau telah membawaku melalui apa yang telah Engkau tundukkan kepadaku dari kalngan makhluk-Mu sehingga Engkau menyampaikan diriku ke negeri-Mu serta memberiku bekal dengan nikmat-Mu hingga Engkau membantuku untuk menunaikan manasik-manasik-Mu.Jika Engkau rida kepadaku, maka tambahkanlah keridaan-Mu kepadaku; dan jika tidak, maka sejak sekarang (ridailah diriku) sebelum rumahku menjauh dari rumah-Mu.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp