Jum'at Berkah, Ini Dia Keutamaan Hari Jum'at dalam Islam

By. Dewi Savitri - 19 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Hari Jumat merupakan hari yang istimewa dalam agama Islam. Hari Jumat memiliki beberapa keutamaan yang istimewa salah satunya adalah setiap orang melakukan kebaikan pada hari Jumat, pahala kebaikan tersebut akan dilipat gandakan.

 

Baca Juga: Cut Off Dilarang dalam Islam? Hati-hati Memutus Silaturahmi

 

Pada dasarnya, setiap hari dalam islam merupakan hari baik, namun hari jumat dianggap paling mulia oleh Allah SWT. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadist:

 

“خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.”

 

Artinya: “Sebaik-baiknya hari dimana matahari terbit disaat itu adalah hari Jum;at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan kedalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim)

 

Beberapa keutamaan lain dari hari Jum’at yaitu:

 

1. Hari Pilihan

 

Hari Jumat merupakan hari yang dipilih oleh Allah SWT sebagai hari yang istimewa dalam seminggu. Allah berfirman dalam Al-Qur'an Surah Al-Jumu'ah (62:9): "Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk melaksanakan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

 

2. Shalat Jumat

 

Shalat Jumat adalah ibadah wajib bagi kaum pria Muslim. Rasulullah SAW bersabda, "Shalat Jumat adalah kewajiban setiap Muslim, kecuali empat orang: budak, wanita, anak-anak, dan orang yang sakit." Shalat Jumat merupakan bentuk pengabdian kepada Allah dan merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada hari Jumat.

 

3. Khutbah Jumat

 

Baca Juga: Jangan Boros!! Ikuti Tips Ini Kalo Kamu Mau Umrah Bareng Keluarga

 

Khutbah Jumat adalah ceramah yang disampaikan sebelum shalat Jumat. Melalui khutbah ini, umat Muslim diberi pengajaran, nasihat, dan pengingat tentang ajaran Islam. Khutbah Jumat merupakan kesempatan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang agama dan untuk memperkuat iman serta ketaqwaan kepada Allah SWT.

 

4. Pahala yang Besar

 

Hari Jumat merupakan hari yang penuh berkah dan pahala yang besar. Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik hari di mana matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu pula dia masuk surga, dan pada hari itu pula dia dikeluarkan darinya." (HR. Muslim) Keutamaan ini menunjukkan pentingnya menjadikan hari Jumat sebagai kesempatan untuk mendapatkan pahala yang besar dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

5. Doa yang Mustajab

 

Hari Jumat juga merupakan waktu yang baik untuk berdoa kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, "Dari pagi hingga matahari tergelincir pada hari Jumat, setiap Muslim yang meminta sesuatu yang baik kepada Allah SWT akan diberikan kecuali jika dia meminta sesuatu yang berdosa atau pemutusan hubungan keluarga." (HR. Tirmidzi) Oleh karena itu, disunahkan bagi umat Muslim untuk berdoa secara khusus pada hari Jumat dan memperbanyak dzikir serta istighfar.

 

Dengan memahami keutamaan-keutamaan ini, umat Muslim dianjurkan untuk memanfaatkan hari Jumat sebagai kesempatan untuk memperkuat iman, melaksanakan ibadah, berdoa, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

 

Baca Juga: Hati-hati!!! Bahaya Flexing, Jauhi Segera

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp