Inilah Taj Mahal India, Keajaiban Dunia yang Dibangun Atas Nama Cinta!

By. Siti Rahmawati - 19 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Mungkin bagi anda tak asing lagi dengan Bangunan Taj Mahal. Benar Taj Mahal merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia oleh UNESCO

 


Taj Mahal adalah ikon wisata dari India. Bangunan yang terletak di kota Agra, India ini ternyata memiliki sejarah menurut Islam, terlebih dalam bentuk arsitekturnya.


Sejarah Taj Mahal menurut Islam dapat dilihat dari standar arsitekturnya. Sebab, bangunan Taj Mahal mengusung arsitektur kubah serta kaligrafi yang biasa diterapkan dalam masjid.

 

 

Sumber gambar : travel.detik.com

 

 

Di tahun 1983, UNESCO bahkan menetapkan Taj Mahal sebagai salah satu situs warisan dunia. 

Taj Mahal dibangun bukan tanpa arti. Karena di balik bangunan indah ini juga terdapat sebuah kisah sejarah yang perlu anda tahu!.

 

 

Sekilas bangunan Taj Mahal tampak seperti sebuah masjid besar lengkap dengan sebuah kubah putih besar. Nyatanya Taj Mahal adalah sebuah tempat pemakaman yang dibangun sebagai bentuk penghormatan pada Mumtaz Mahal, istri dari kaisar Mughal bernama Shah Jahān.

 

 

Sama seperti kebanyakan raja lainnya, Shah Jahān memiliki banyak istri. Namun dari semua istrinya, sang kaisar hanya mencintai satu istrinya bernama Mumtaz Mahal. Keduanya menikah di tahun 1612.

 

 

Mumtaz Mahal merupakan istri ketiga dari Shah Jahan I. Meski demikian, Mumtaz Mahal merupakan sosok yang paling dicintai sang kaisar. Pernikahan Mumtaz Mahal dan Shah Jahan I merupakan pernikahan yang sangat dalam dan penuh dengan cinta.

 

 

Bahkan selama hidupnya, para penyair akan memuji kecantikan, keanggunan, dan belas kasihnya. Mumtaz Mahal adalah istri yang sangat dipercaya oleh Shah Jahan. Bahkan dia sering diajak bepergian oleh Shah Jahan ke seluruh Kekaisaran Mughal.

 

 

Sayang pernikahan itu tidak berjalan lama, karena di tahun 1631 sang istri meninggal setelah melahirkan anak mereka yang ke 14.

 

 

Meninggalnya Mumtaz Mahal membuat Shah Jahāl sangat terpukul. Dia pun memerintahkan untuk pembangunan sebuah makam spektakuler untuk Mumtaz Mahal, bukan hanya sebagai bukti cinta, pembangunan Taj Mahal juga merupakan penghormatan atas kesetiaan sang istri selama hidupnya.

 

 

 

Baca juga:

Traveling ke Turki, Selain Kebab Jangan Lewatkan Cicipi 5 Kuliner Lezat Ini !

 

Mevlana Museum Konya Turki, Wisata Ziarah Sang Guru Sufi Jalaludin Rumi

 

 

 

Taj Mahal dibangun dalam kurun waktu yang cukup lama mulai tahun 1632 dan selesai pada tahun 1648. Taj Mahal merupakan sebuah bangunan megah yang terdiri atas masjid, rumah tamu dan pintu gerbang utama di selatan, halaman luar.

Setelah itu, pembangunan Taj Mahal diteruskan dengan menambahkan serambi, yang selesai pada tahun 1653.

 

 

Dalam proses pembangunannya, Taj Mahal melibatkan tukang batu, pemotong batu, pelapis, pemahat, pelukis, ahli kaligrafi, pembuat kubah, dan pengrajin lainnya, yang didatangkan dari dari seluruh kekaisaran juga dari Asia Tengah dan Iran.

 

 

Apa yang membuat Taj Mahal dianggap sebagai mahakarya di bidang arsitektur karena bangunan ini memiliki keindahan arsitektur yang ditunjukkan dari kombinasi ritmis antara padatan dan rongga, cekung dan cembung, serta bayangan cahaya; seperti lengkungan dan kubah lebih meningkatkan aspek estetika.

 

 

Di samping itu, keindahan Taj Mahal juga dapat dilihat dari kombinasi warna yang ada di dalamnya. Pada Taj Mahal terdapat jalur berwarna kemerahan.

Warna tersebut dikombinasikan dengan warna hijau dari tumbuhan, dan warna biru dari langit menjadikan Taj Mahal memiliki warna yang begitu dinamis.

 

 

 

Relief pada batu marmer putih yang bertahtakan batu mulia semakin menambah keindahan dan kemegahan dari Taj Mahal.

 

 

Selain itu, Taj Mahal juga memiliki komposisi bangunan yang simetris, sehingga sisi kanan dan kiri bangunan terlihat sama persis.

 

Keindahan tersebut tentu tidak lepas dari keterampilan dari Ustad-Ahmad Lahauri, yang menjadi arsitek utama Taj Mahal.

 

 

 

Baca juga:

Beda Istinja’ dan Istijmar Berikut Hukum dan Ketentuannya !

 

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp