Keutamaan Surat Al-Kahfi, Jangan Lupa Baca Surat Ini Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal

By. Dewi Savitri - 19 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Hari jum’at dalam agama Islam merupakan hari yang istimewa, banyak amalan-amalan yang dapat dilakukan pada hari Jum’at salah satunya yaitu membaca surat Al-Kahfi. Hari Jum’at menjadi waktu yang paling utama untuk bermunajat dan berdo’a.

 

Baca Juga: 5 Hal Untuk Menjaga Kesempurnaan Rukun Membaca Al-Fatihah dalam Sholat

 

Surat Al-Kahfi adalah surat ke 18 didalam Al-Qur’an yang terdiri dari 110 ayat. Surat Al-Kahfi menceritakan tentang kisah tujuh pemuda sholeh yang menghuni gua dalam keadaan tertidur selama ratusan tahun demi mempertahankan aqidahnya. Para pemuda ini dikenal dengan nama Ashabul Kahfi.

 

Mengutip dari beberapa sumber, terdapat beberapa keutamaan membaca surat Al-Kahfi yaitu sebagai berikut:

 

1. Diampuni dosa diantara dua Jum’at

 

Dalam hadist Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

 

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya tersebut akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT diantara dua Jum’at. (HR Abu Bakr bin Mardawaih)

 

2. Mendapat ridho Allah SWT

 

Setiap muslim tentu berharap untuk senantiasa mendapat keridhoan dari Allah SWT. Dengan ridho dari Allah SWT hidup akan terasa lebih tentram dan damai. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

 

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad)

 

3. Terlindung dari fitnah dajjal

 

Baca Juga: Jum'at Berkah, Ini Dia Keutamaan Hari Jum'at dalam Islam

 

Fitnah dajjal menjadi kekhawatiran setiap umat muslim karena dajjal mampu membawa kesesatan dan siksa neraka. Fitnah dajjal terasa amat mencekik setiap muslim yang beriman kepada Allah sebab dajjal mampu membuat yang haram menjadi halal dan begitupun sebaliknya. Kita dapat mensiasati fitnah dajjal dengan berlindung kepada Allah, berdo’a serta membaca surat Al-Kahfi setiap hari Jum’at seperti Sabda Rasulullah SAW yang artinya:

 

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat Al-Kahfi, makai a dilindungi ari dajjal” (HR Muslim)

 

4. Cahaya bersinar antara dirinya dan Ka’bah

 

Diriwayatkan dari sahabat Abu Sa’id al-Khudri bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

 

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dengan Baitul ‘Atiq (Ka’bah).” (Suran Ad-Darami, no.3273)

 

5. Terhindar dari perbuatan buruk

 

Hal ini menjadi salah satu keistimewaan dalam membaca surat Al-Kahfi karena pada dasarnya surat Al-Kahfi memiliki kisah yang penuh dengan pelajaran berharga. Para pemuda Ashabul Kahfi melarikan diri dari pemimpin yang dzalim demi menjaga tauhid dan agamanya. Kemudian Allah SWT memberi mereka petunjuk terbaik sehingga mereka dapat terhindar dari hal yang buruk.

 

Dari kisah ini kita dapat mengambil hikmah bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan harus berlandaskan pada keimanan kita kepada Allah SWT, agar kita selalu mendapat keberkahan dan kebahagiaan.

 

Baca Juga: Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua dalam Islam: Menjaga Hubungan dengan Allah melalui Orang Tua

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Itulah beberapa keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jum’at. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat sekalian.

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp