Bukan Berarti Tidak, Inilah Alasan Orang India Suka Geleng Kepala Saat Berbicara !

By. Siti Rahmawati - 19 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Negeri Bollywood India dikenal memiliki banyak keunikan budaya maupun adat istiadat yang beragam.

Hal ini terjadi karena negaranya luas dan penduduknya banyak, orang India yang tinggal di wilayah berbeda juga biasanya memiliki kebudayaan yang berbeda pula.

 

 

Bagi anda penggemar atau suka menonton film maupun serial tv India akan mendapati gaya khas orang India. Sambil mengatakan "Acha ....acha.." Benar, orang India memiliki kebiasaan menggelengkan kepalanya saat mereka berbicara.

 

Kira-kira mengapa orang India suka menggelengkan kepalanya, ya?

 

 

Sumber gambar: kumparan.com

 

 

Dilangsir dari kumparan.com seperti kita tahu, pada umumnya gelengan kepala diartikan sebagai penolakan atau ketidaktahuan. Hanya saja, ada arti lain dengan gelengan kepala yang dilakukan masyarakat India.

 

 

Gelengan kepala itu seakan jadi gestur khas turun-temurun, yang menjadi kebiasaan orang India ketika berkomunikasi dengan sesamanya maupun orang lain. Gestur menggeleng kepala ala India menjadi sesuatu yang ikonik, tidak bisa dilepaskan.

 

 

Gelengan kepala jadi salah satu cara yang digunakan orang India ketika menyampaikan maksud maupun pendapat. Apakah mereka setuju atau tidak, merasa benar atau salah, maupun antusiasme.

 

Tapi karena orang India menggelengkan kepala untuk dua hal yang berbeda dan punya arti yang berlawanan, mungkin kamu pun akan bingung untuk mengartikannya.

 

 

 

Makna Gelengan Orang India Saat Berbicara

 

Bagi orang India, menggelengkan kepala memiliki arti tersendiri, karena gerakan itu adalah komunikasi non verbal.

 

Komunikasi non verbal adalah komunikasi tanpa kata-kata, teman-teman.

 

 

Biasanya seseorang menggeleng sebagai tanda menolak atau mengatakan “tidak”.

 

Namun, menggelengkan kepala bagi masyarakat India ini berarti “baik” atau “ya, saya mengerti”.

 

 

Jadi, jika kamu berbincang dengan orang India dan ia menggeleng, biasanya ini berarti mereka setuju atau memberi tahu kita bahwa mereka mengerti hal yang kita bicarakan.

 

Semakin cepat gelengan kepala orang India, maka artinya ia semakin paham

 

 

 

Baca juga:

Traveling ke Turki, Selain Kebab Jangan Lewatkan Cicipi 5 Kuliner Lezat Ini !

 

Mevlana Museum Konya Turki, Wisata Ziarah Sang Guru Sufi Jalaludin Rumi

 

 

Menggeleng Sebagai Cara Menghormati dan Berterima Kasih

 

Jika orang India menggelengkan kepalanya dengan gerakan lambat dan lembut, serta tersenyum, artinya orang itu ingin menghormati atau bersikap bersahabat terhadap kita.

 

 

Di India, menggelengkan kepala saat mendengarkan orang lain berbicara dianggap lebih sopan dibandingkan diam saja atau justru terlihat tidak mendengarkan perkataan orang yang sedang berbicara.

 

Selain “baik” dan “ya, saya mengerti”, ada juga gelengan kepala yang berati terima kasih.

 

 

Tak Asal Geleng Kepala

 

Meski dapat diartikan secara jelas, sering kali gelengan kepala yang dilakukan orang India memberikan arti yang ambigu, karena bisa menyebabkan kesalahpahaman.

 

 

 

Mereka tidak suka untuk mengatakan "tidak" secara langsung. Hal itulah yang membuat orang India kerap tersenyum malu, menggumam dan mengangguk tidak jelas untuk tidak membuat komitmen yang kuat.

 

Pada zaman dulu, gelengan kepala memang sengaja diciptakan sebagai syarat untuk menyampaikan ambiguitas, dan itu berhasil.

 

 

 

Dikutip dari BBC  bahwasannya dalam masyarakat ekonomi agraris tradisional di India, kamu tidak secara terbuka menyampaikan penolakan atau ketidaksepakatan dengan orang lain.

Karena kamu tidak akan pernah tahu, kapan kamu akan membutuhkan bantuan mereka.

 

 

 

Baca juga :

 

Inilah Taj Mahal India, Keajaiban Dunia yang Dibangun Atas Nama Cinta!

 

 

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 

 

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp