Allah Naikkan Derajatmu, Ini Dia Keutamaan Surat Al-Mulk yang Harus Kamu Tau

By. Dewi Savitri - 19 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Surat Al-Mulk adalah surat ke 67 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 30 ayat. Surat Al-Mulk termasuk kedalam golongan surat Makkiyah yang diturunkan setelah Surat At-Tur. Surat Al-Mulk diambil dari ayat pertama dalam surat ini yaitu Al-Mulk yang berarti kekuasaan atau kerajaan.

 

Baca Juga: Keutamaan Surat Al-Kahfi, Jangan Lupa Baca Surat Ini Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal

 

Surat Al-Mulk menjelaskan mengenai Allah yang menguasai langit, bumi dan seluruh rahasia didalamnya. Surat Al-Mulk juga disebut dengan At-Tabaarak yang artinya adalah Maha Suci. Surat Al-Mulk memiliki beberapa keutamaan salah satunya adalah pada hari kiamat nanti surat ini akan membela orang-orang yang membacanya, kemudian ia akan memohon kepada Allah untuk menyelamatkan para penghafal surat ini dari siksa api neraka.

 

Beberapa keutamaan lain dari surat Al-Mulk yaitu:

 

1. Mendapat Syafaat dan Diampuni Dosanya

 

Keutamaan membaca surat Al-Mulk yang pertama yaitu akan datang sebuah pertolongan dari Allah SWT dihari kiamat kelak. Allah SWT akan memberikan syafaat atau pertolongan kepada hambanya melalui Rasulullah SAW. Selain itu, surat Al-Mulk akan memberikan syafaat bagi hamba yang suka membaca dan mengamalkannya sehingga Allah akan mengampuni dosa-dosanya.

 

2. Menyelamatkan Diri dari Siksa Kubur

 

Sebelum manusia ditempatkan diantara surga dan neraka, manusia akan terlebih dulu menjalani siksa kubur untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya selama didunia. Siksa kubur akan tersasa sangat pedih bagi orang yang belum menyiapkan amalan-amlan baiknya. Salah satu amalan agar terhindar dari siksa kubur adalah dengan membaca dan mengamalkan surat Al-Mulk.

 

3. Menaikkan Derajat dan Menghapus Kejelekan

 

Keutamaan membaca surat Al-Mulk selanjutnya adalah akan ditinggikan derajat orang yang membaca serta dihapuskan kejelekannya. Allah SWT telah menetapkan 30 kebaikan, 30 ampunan, dan meninggikan 30 derajat bagi umat-Nya yang membaca surat Al-Mulk.

 

4. Mendapat Pertolongan pada Hari Kiamat

 

Baca Juga: Tafsir Al-Baqarah Ayat 200 - 202, Perbanyak Dzikir Saat & Seusai Haji!!!

 

Tidak ada satupun makhluk di dunia yang tau kapan hari kiamat akan tiba. Sebagai seorang muslim, hendaklah kita menyiapkan amalan, sebaik-sebaiknya agar saat hari kiamat tiba tidak ada penyesalan. Surat Al-Mulk akan memberikan syafaat atau pertolongan di hari kiamat bagi siapa saja yang membaca dan bahkan menghafalkannya.

 

5. Disayang dan Dikasihi Rasulullah SAW

 

Keutamaan membaca surat Al-Mulk bagi umat muslim berikutnya adalah disayang Rasulullah SAW. Rasulullah SAW sangat menyayangi pengikutnya yang gemar bershalawat dan mengamalkan surat Al-Mulk. Selain itu, surat Al-Mulk mampu membawa ketenangan hati bagi para pembaca dan penghafalnya.

 

6. Diberikan Pahala Berkali Lipat

 

Allah SWT akan melipatgandakan pahala sampai 10 kali lipat bagi siapa saja yang Allah kehendaki. Bukan hanya surat Al-Mulk, saat kita membaca Al-Qur’an Allah akan memberikan 10 ganjaran kebaikan pada setiap huruf yang kita baca.

 

7. Menjauhkan Diri dari Maksiat

 

Baca Juga: Dzikir Setelah Sholat? Berikut ini Bacaannya, Lengkapi Keutamaan Sholat

 

Dalam surat Al-Mulk, dijelaskan bahwa orang yang taat kepada Allah SWT adalah orang yang meyakini keberadaannya dan menjalankan amalannya meski tidak ada yang melihat. Dengan rajin membaca surat Al-Mulk artinya kamu selalu mengingat Allah SWT, hal ini akan membuatmu menjauhkan diri dari maksiat.

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Itulah beberapa keutamaan surat Al-Mulk yang kami rangkum khusus untuk Sobat Batemuri sekalian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp