Fakta Dhobi Ghat, Laundry Terbuka Terbesar di India !

By. Siti Rahmawati - 19 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Bagi sebagian besar orang yang sibuk memilih untuk memanfaatkan jasa laundry untuk mencuci pakaian.

 

Cara ini dianggap paling simpel dan banyak membantu khususnya untuk urusan cuci mencuci pakaian kotor. Banyak jasa laundry ditemukan di perkotaan besar, namun tahukah kalian jika laundry terbesar berada di India?

 

 

 

Laundry terbuka terbesar di dunia ada di Dhobi Ghat, Mumbai, India. Laundry ini sudah dibangun sejak abad ke-19 oleh Inggris untuk mencuci seragam tentara yang kotor.

 

Diketahui Inggris pernah menjajah India sekitar 200 tahun, hingga negara Asia Selatan tersebut merdeka tahun di 1947.

 

 

 

Karena embel-embel judul artikel laundry terbesar jangan lantas anda membayangkan ini adalah perusahaan di bidang jasa cuci mencuci yang besar dan modern.

 

Sebab yang akan anda lihat ini adalah kawasan mencuci tradisional yang ada di bantaran sungai Gangga dan terbuka.

 

 

Sumber gambar: travelingyuk.com

 

 

Dhobi Ghat adalah tempat yang menyediakan layanan cuci dengan cara tradisional yaitu dicuci di bak-bak penampungan terbuka yang terbuat dari tembok bata merah.

 

Cara mencucinya pun dilakukan dengan cara tradisional di sikat, kucek dan dibanting. Hampir seluruh warga di kawasan ini menggantungkan hidupnya dari kegiatan mencuci ini sehingga saat berada di sana akan ada ribuan orang yang sedang mencuci pakaian.

 

 

 

Baca juga:

 

Inilah Taj Mahal India, Keajaiban Dunia yang Dibangun Atas Nama Cinta!

 

 

Melansir video dari konten kreator Leonardo Edwin dalam TikTok @leo_edw, terlihat nyata bagaimana wujud laundry super besar tersebut yang kini menjadi milik pemerintah setempat.

 

" Semua jenis kain dicuci mulai dari kain medis, handuk hotel, pakaian baru jadi, laundry pribadi atau apapun itu semuanya ada di sini," katanya.

 

 

Sumber gambar: dream.co.id

 

 

 

Tak tanggung-tanggung, tempat ini mencuci 250.000 cucian setiap harinya. Untuk memenuhi cucian sebanyak itu, terdapat 730 kubikel atau kotak yang tersedia untuk mencuci. Di tengahnya, ada sebuah batu yang digunakan untuk menggosok cucian.

 

 

Tidak hanya dengan cara tradisional saja, adapula pakaian yang dicuci menggunakan mesin. " Di sini jemuarannya nggak pakai jepitan sama sekali. Tali jemurannya dipilintir jadi jemurannya tinggal dijepit aja," cerita Leo.

 

 

Tempat untuk menyetrika dan mengeringkan pun ada tersendiri. Bukan main, berat satu setrika mencapai 5 kg yang berguna untuk memberi tekanan tambahan agar proses setrika lebih cepat. Tukang setrika dapat menyetrika ratusan cucian setiap harinya.

 

 

Lalu bagaimana jika cuaca sedang hujan, padahal tempat laundry ini terbuka?

 

Jika musim hujan tiba, pakaian-pakaian di sini akan dikeringkan menggunakan oven yang super besar.

 

Fakta menarik Dhobi  Ghat

 

Selama hampir satu setengah abad keberadaannya, Dhobi Ghat telah mengalami banyak perubahan. Sebagian besar rumah tangga di kota memiliki atau memiliki akses ke mesin cuci otomatis. 

 

 

 

Banyak rumah sakit dan hotel memiliki layanan binatu sendiri. Namun, ghat mampu mempertahankan basis pelanggan di tengah perubahan teknologi dan demografis. 

 

Dengan harga yang jauh lebih murah daripada layanan binatu pribadi, dhobi Mahalaxmi masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar rumah sakit dan hotel kecil di kota ini. 

 

Pengecer garmen dari seluruh kota yang berspesialisasi dalam pakaian bekas juga memanfaatkan komunitas pencuci yang sangat efisien untuk menyiapkan produk mereka.

 

 

 

Pada tahun 2011, Dhobi Ghat Mahalaxmi bahkan mendapat tempat di Guinness Book of World Records , sebuah plakat yang dapat dilihat di pintu masuk.

 

 Bunyinya, “Pakaian terbanyak yang dicuci tangan orang secara bersamaan di satu lokasi adalah 496. Prestasi ini diraih oleh Dhobi Kalyan dan Audyogik Vikas Coop Society pada 8 Maret 2011.”

 

 

Baca juga:

 

Bukan Berarti Tidak, Inilah Alasan Orang India Suka Geleng Kepala Saat Berbicara !

 

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp