Dari Kerala menuju Gujarat, Inilah Perjalanan Kereta Sleeper 36 Jam di India !

By. Siti Rahmawati - 19 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- India memang dikenal 'nyentrik,' tapi juga unik. Salah satunya terlihat apabila Anda traveling dengan menaiki kereta di India.

 

Kereta merupakan moda transportasi yang tergolong murah-meriah di India, tentunya ketimbang naik pesawat yang ongkosnya lebih mahal.

 

 

Kelasnya pun bervariasi, dari eksekutif yang ber-AC, sleeper class, sampai ekonomi yang penuh sesak.

 

 

Sumber gambar: hindustantimes.com

 

 

Transportasi rel umumnya digunakan untuk transportasi jarak jauh di India. Hampir seluruh pengoperasian kereta api di India ditangani oleh perusahaan negeri, Indian Railways, di bawah Departemen Kereta Api.

Jalur ini dikatakan sebagai jaringan terbesar ke-2 di dunia.

 

 

Kereta India punya apa yang dinamakan 'sleeper class,' yang punya tempat tidur tiga tingkat.

 

 

Sleeper train atau kereta sleeper merupakan jenis kereta yang dimana fasilitas tempat duduknya seperti kasur. Nyaman bukan? tentunya anda tak perlu merasa capek duduk jika melakukan perjalanan yang cukup jauh.

 

 


Sleeper class merupakan sebuah gerbang dengan fasilitas tempat duduk memenjang yang menyerupai kasur.

 

Satu penumpang mendapat satu tempat duduk memanjang tersebut, adapun tidak terlalu empuk dan lega layaknya kasur sungguhan.

 

 

 

Baca juga:

 

Inilah Taj Mahal India, Keajaiban Dunia yang Dibangun Atas Nama Cinta!

 

Bukan Berarti Tidak, Inilah Alasan Orang India Suka Geleng Kepala Saat Berbicara !

 

 

 


Mega seorang mahsisiswi asal Indonesia yang berkuliah  salah satu kampus terkemuka di Gujarat dalam akun TikToknya menceritakan perjalannya menggunakan kereta sleeper tujuan dari Kerala menuju Gujarat.

 



Sumber gambar : tiktok.com/@iamegamei

 

 

Mega berbagi cerita ketika menaiki kereta selama 36 jam di India. Angka ini cukup mengejutkan karena sangat lama dibandingkan perjalanan kereta di Indonesia.

 

 

Video penjelasan tentang kereta di India itu lantas ia bagikan melalui akun TikTok iamegamei. Dalam video itu, wanita berhijab ini menjelaskan waktu tersebut untuk perjalanan dari Kerala menuju Gujarat.

 

 

Jarak yang ditempuh kereta itu sekitar 2 ribu kilometer atau kurang lebih seperti perjalanan dari Lampung ke Aceh.

 

Jarak yang ditempuh di Google Maps, perjalanan menggunakan mobil memerlukan waktu sekitar 1 hari 13 jam.

 

 

"Nah kalau ada yang nanya, kok India punya sih kereta dengan perjalanan sepanjang itu? Dan kok juga masih ada yang mau beli? Jawabannya gampang," ungkap wanita tersebut

 

 

 

 

Ia kemudian mengungkapkan empat hal tentang kereta di India.  Pertama, hal ini lantaran India memiliki wilayah luas yang didominasi daratan.

 

 

 

Kedua, semua wilayah India sudah terintegrasi dengan kereta. Bahkan wanita ini juga menyebutkan sejauh apapun perjalanan di sana, tetap akan ada kereta yang bisa dinaiki.

 

Selanjutnya, kereta di India tergolong cukup murah untuk orang asing. Bahkan dengan harga yang terjangkau, penumpang juga sudah mendapatkan camilan.

 

 

 

Baca juga : 

 

 

Fakta Dhobi Ghat, Laundry Terbuka Terbesar di India !

 

 

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp