Jangan Kufur Nikmat!! 5 Keutamaan Surat Ar-Rahman Buat Lebih Bersyukur

By. Dewi Savitri - 19 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Surat Ar-Rahman adalah surat ke-55 dalam Al-Qur'an, yang terdiri dari 78 ayat. Surat ini dinamakan "Ar-Rahman" yang berarti "Maha Pengasih" atau "Yang Maha Pemurah," mengacu pada salah satu nama Allah yang mencerminkan sifat-Nya yang penuh kasih sayang dan kemurahan hati.

 

Baca Juga: Keutamaan Surat Al-Kahfi, Jangan Lupa Baca Surat Ini Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal

 

Surat Ar-Rahman memiliki beberapa keutamaan. Dikutip dari orami.co.id, dalam penelitian Jurnal Kedokteran Brawijaya, terdapat penurunan signifikan intensitas nyeri setelah pemberian terapi murotal Al-Qur’an surat Ar-Rahman selama 25 menit. Terapi ini juga dapat menurunkan intensitas nyeri dan meningkatkan kadar Endorphin. Selain itu, terdapat beberapa keutamaan lain yaitu:

 

1. Memperbanyak Memuji Allah SWT

 

Kata Ar-Rahman termasuk kedalam pujian kepada Allah SWT. Jika kita membaca Ar-Rahman dengan sepenuh hatid dan berserah diri kepada Allah maka kita dapat melihat banyaknya keutamaan yang kemudian kita dapatkan. Allah SWT tidak pernah lupa untuk memenuhi setiap kebutuhan makhluk-Nya. Meskipun sebagai makhluknya kita sering ingkar dan lupa, namun Allah SWT tetap memberikan rizki yang cukup kepada kita semua.

 

2. Pengingat Agar Tak Kufur Nikmat

 

Jika membaca dan memahami surat Ar-Rahman dengan sepenuh hati dapat membuat seseorang menjadi selalu bersyukur dan tidak lagi mengkufuri nikmat yang Allah berikan. Kehidupan ada atas izin Allah SWT, manusia hanyalah salah satu dari banyaknya ciptaan Allah SWT. Bentuk rasa syukur dapat dilakukan dengan beribadah dengan khusyuk. Ibadah dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti berpuasa, berzakat, dan ibadah-ibadah lain yang Allah perintahkan.

 

3. Pengingat Adanya Makhluk Lain yang Beribadah juga pada Allah SWT

 

Membaca surat Ar-Rahman dapat menjadi pengingat kepada kita bahwa ada makhluk lain selain manusia yang juga menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Makhluk tersebut adalah jin yang juga mengakui Nabi Muhammad sebagai Rasul. Surat Ar-Rahman mengingatkan bahwa ciptaan Allah SWT tidak hanya terbatas pada sesuatu yang tampak. Ada juga kerajaan Jin serta alam-alam lain yang tidak tampak yang diciptakan oleh-Nya.

 

4. Pengingat Sifat Dasar Manusia itu Pelupa

 

Baca Juga: Jum'at Berkah, Ini Dia Keutamaan Hari Jum'at dalam Islam

 

Pengulangan ayat ‘fabiayyi aalaa’i Robbikuma tukadziban’ adalah untuk mengingatkan kepada kita sebagai manusia bahwa manusia adalah makhluk yang pelupa. Ayat tersebut adalah kalimat tanya yang menuntut jawaban manusia yang mengingat ketika membaca ayat tersebut.

 

Rezeki baik kecil maupun besar menjadi ujian bagi manusia. Jika mendapatkan rezeki yang besar, manusia harus pandai bersyukur dan tidak menyombongkannya.

 

5. Mendapat Kemuliaan Mati Syahid

 

Seorang muslim yang memiliki kebiasaan membaca surat Ar-Rahman, apabila meninggal, dia sama dengan mati syahid. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ja’far, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

 

Baca Juga: https://www.batemuritour.com/detail/artikel/708/keutamaan-surat-al-kahfi-jangan-lupa-baca-surat-ini-agar-terhindar-dari-fitnah-dajjal

 

“Barangsiapa membaca Ar-Rahman dan ketika membaca ‘Fabiaayi aalaa’i Rabbikuma tukadziban’ dan dia berucap ‘tidak ada satupun nikmat-Mu yang aku dustakan’, maka jika dalam membacanya di malam hari kemudian dia meninggal maka dia adalah mati syahid, jika membacanya siang hari, kemudian ia meninggal maka matinya seperti mati syahid.”

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Itulah beberapa keutamaan membaca surat Ar-Rahman untuk kehidupan kita, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Batemuri sekalian. 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp