Viral !!! Street Food India Dianggap Jorok dan Tidak Higenis, Apakah Benar?

By. Siti Rahmawati - 19 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Selain kaya akan budaya dan adat istiadat, India cukup menarik kalangan wisatawan dalm bidang kulinernya. Namun saat ini tengah viral dan banyak menjadi perhatian netizen menganggap makanan maupun street food di India kotor dan tidak higenis.

 

Seringkali kita jumpai video di platform Tiktik yang memperlihatkan bagaimana joroknya proses pembuatan street food di India.

 

 

Tapi, apakah memang street food dan makanan india kotor dan tidak higenis?

 

 

Sumber gambar : terasjabar.id

 

 

Street food di India telah menjadi daya tarik bagi banyak orang. Namun, ada pandangan yang menganggap street food di India sebagai sesuatu yang jorok dan tidak higienis.

 

 

Meskipun banyak yang mengagumi keberagaman dan kelezatan kuliner India, tetapi ada beberapa faktor yang membuat street food di India memiliki reputasi yang kurang baik di mata beberapa wisatawan.

 

 

Lantas, apa yang membuat street food India terkenal jorok? Dilansir The Guardian dan Curly Taste, berikut sejumlah alasan street food India terkenal jorok di mata wisatawan.

 

 

 

Baca juga : 

 

 

Fakta Dhobi Ghat, Laundry Terbuka Terbesar di India !

 

Dari Kerala menuju Gujarat, Inilah Perjalanan Kereta Sleeper 36 Jam di India !

 

 

 

Ada beberapa faktor yang menjadikan street food di India dirasa jorok dan tidak hiegenis. Antara lain:

 

 

1. Persiapan makanan yang tidak higenis

 

Persiapan makanan yang kurang higienis jadi salah satu alasan street food di India dianggap jorok.

 

Kebanyakan pedagang kaki lima tidak mematuhi standar kebersihan yang diperlukan dalam persiapan makanan, seperti mencuci tangan dengan benar sebelum dan setelah menyentuh bahan makanan.

 

 

Selain itu, banyak pedagang menggunakan bahan mentah yang tidak segar atau membiarkan makanan terbuka di bawah sinar matahari selama berjam-jam.

Gak berhenti di situ, ada juga pedangang yang menggunakan peralatan yang tidak bersih dan tidak steril, sehingga dapat mempengaruhi kebersihan makanan.

 

 

Beberapa pedagang juga menggunakan air yang tidak bersih untuk mencuci bahan makanan, atau bahkan memasak makanan di atas tungku yang terbuat dari kayu yang telah digunakan berulang-ulang tanpa dicuci bersih.

 

Hal-hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi bakteri dan penyakit, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan konsumen.

 

 

2. Kondisi lingkungan kotor

 

Banyak kios makanan jalanan berada di area perkotaan yang padat penduduknya. Sering kali berada di tengah lingkungan yang kotor dan tidak terjaga kebersihannya.

Beberapa vendor makanan jalanan mungkin tidak membuang sampah dengan benar, sehingga sampah menumpuk di sekitar area kios makanan jalanan.

 

 

Selain itu, jalanan di India juga dikenal sebagai tempat berkumpulnya orang, termasuk hewan, seperti anjing dan sapi, yang sering kali menjadi penghuni di jalanan.

 

Kehadiran hewan di jalanan ini menambah jumlah sampah dan kotoran di sekitar kios makanan.

Kondisi lingkungan yang kotor dan tidak terjaga kebersihannya dapat mempengaruhi kualitas makanan yang dijual, serta menjadi faktor risiko bagi kesehatan para pembelinya.

 

 

3. Penggunaan minyak yang berulang-ulang

 

 

Penggunaan minyak yang berulang-ulang pada street food di India menjadi masalah yang perlu diperhatikan. Banyak vendor street food di India menggunakan minyak untuk memasak makanan mereka.

Namun, beberapa vendor mungkin tidak mengganti minyak dengan cukup sering, sehingga minyak yang digunakan menjadi kotor dan beracun.

 

 

Sumber gambar: Terasjabar.id

 

 

Tidak hanya itu, penggunaan minyak yang berulang-ulang pada suhu tinggi dapat meningkatkan kadar asam lemak trans dan senyawa berbahaya lainnya dapat membahayakan kesehatan konsumen.

 

Penggunaan minyak yang tidak sehat ini juga dapat mempengaruhi kualitas makanan yang dijual serta mengurangi rasa dan aroma yang seharusnya ada pada makanan tersebut.

 

 

 

 

Baca juga:

 

Inilah Taj Mahal India, Keajaiban Dunia yang Dibangun Atas Nama Cinta!

 

Bukan Berarti Tidak, Inilah Alasan Orang India Suka Geleng Kepala Saat Berbicara !

 

 

 

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp