Jauh Dari Fakir!! Ini Dia 5 Keutamaan Surat Pembawa Rizki, Al-Waqiah

By. Dewi Savitri - 19 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Surat Al-Waqiah adalah surat ke 56 didalam Al-Qur’an yang terdiri dari 96 ayat. Surat ini tergolong kedalam surat Makkiyah atau surat yang diturunkan di Kota Makkah. Surat Al-Waqiah menceritakan tentang terjadinya hari kiamat, penciptaan manusia, api, tumbuhan hingga membahasan mengenai kebangkitan. Surat Al-Waqiah dapat membawa ke pintu kebaikan hingga pintu rezeki.

 

Baca Juga: Keutamaan Surat Al-Kahfi, Jangan Lupa Baca Surat Ini Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal

 

Surat Al-Waqiah memiliki banyak keutamaan salah satunya adalah agar terhindar dari kemiskinan sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadist yang artinya:

 

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah setiap malam, maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya.” (HR Baihaqi)

 

Selain itu terdapat beberapa keutamaan lain dari surat Al-Waqiah yaitu sebagai berikut:

 

1. Menjauhkan dari Kemiskinan

 

Surat Al-Waqiah dapat menjauhkan seorang muslim dari belenggu kemiskinan. Oleh karena itu, bagi siapa saja yang membaca surat ini setiap malam, maka ia dapat dijauhkan dari kekurangan dalam hidupnya.

 

2. Mendapat Kekayaan Berlimpah

 

Keutamaan membaca surat Al-Waqiah sebanyak 14 kali setelah sholat Ashar akan dapat mengantarkan seorang muslim untuk mendapatkan kekayaan dan rezeki yang berlimpah. Hal ini sesuai dengan sebuah hadist yang artinya:

 

“Ajarkanlah surat Al-Waqiah kepada isteri-isterimu. Karena sesungguhnya ia adalah surat kekayaan.” (HR. Ibnu Ady)

 

3. Mempermudah Sakaratul Maut

 

Baca Juga: Allah Naikkan Derajatmu, Ini Dia Keutamaan Surat Al-Mulk yang Harus Kamu Tau

 

Siapa saja yang mengamalkan surat Al-Waqiah, maka niscaya dirinya akan dipermudah sakaratul mautnya. Jika surat ini dibacakan disisi orang yang sedang menjalani sakaratul maut, maka Allah SWT akan mempermudah seseorang untuk dicabut nyawanya sehingga ia tidak mengalami sakaratul maut terlalu lama.

 

4. Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

 

Bagi umat muslim yang senantiasa mengamalkan surat Al-Waqiah maka dia akan mendapatkan syafaat di hari kiamat kelak. Dikutip dari suara.com, hal ini tertuang dalam sebuah hadist riwayat Imam Muslim yang artinya:

 

“Imam Ja’far Ash-Shadiq berkata, ‘Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqiah, dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah’.” (Tsawabul A’mal, hlm 117)

 

5. Surat yang Disukai Rasul

 

Dikutip dari cnnindonesia.com, dari sekian banyak surat didalam Al-Qur’an, surat Al-Waqiah termasuk surat yang disukai dan rutin dibaca oleh Rasul. Terdapat sebuah hadist yang disahihkan oleh Syaikh Al-Albani, Al-Hakim, dan Adz-Dzahabi yang artinya:

 

“Seperti diceritakan Ibnu Abbas, Abu Bakar berkata, “Wahai Rasulullah, Engkau telah beruban.” Nabi Muhammad SAW menjawab, “Telah membuatku beruban (surat) Huud, Al-Waqiah, Al-Mursalaat, Amma Yatasaa aluun, dan Idzasy syamsu kuwwirat.” (HR Tirmidzi)

 

Baca Juga: Jum'at Berkah, Ini Dia Keutamaan Hari Jum'at dalam Islam

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Itulah beberapa keutamaan surat Al-Waqiah, semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Batemuri sekalian. Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp