Fakta Unik ! Apakah Kamu Tahu Kenapa Malam di Singapura Masih Terang

By. Siti Rahmawati - 23 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Singapura adalah negara tetangga yang memiliki perkembangan pesat pada sistem pendidikan, perekonomian, kesehatan hingga teknologi.

 

Fakta menariknya orang-orang menjuluki negara kecil ini sebagai negara nomor 1 di Asia Tenggara dalam berbagai aspek!

 

 

 

Negara kecil yang berdekatan dengan indonesia ini sangat terkenal dengan patung merlionnya. Selain itu fakta menariknya singapura memiliki nama ibukota yang sama dengan negaranya loh.

 

Makanya sebelum kamu berangkat kesana, kamu wajib tahu fakta menarik tentang Singapura. Seperti malam yang masih terang karena zona waktu yang diubah.

 

 

 

Sumber gambar : freepik.com

 

 

Jika Anda sudah pernah ke Malaysia atau Singapura, apalagi tinggal di kedua negara itu, Anda akan heran dengan sistem waktu di sana.

 

Waktunya berbeda satu jam dengan Jakarta atau Surabaya yang WIB (waktu Indonesia Barat). Padahal, bujur timurnya sama.

 

 

 

WIB  (Waktu Indonesia Barat) berpedoman GMT (Greenwich Mean Time ) + 7, sedangkan Malaysia dan Singapura GMT + 8.

 

Sehingga ketika pagi akan tampak  "terlalu pagi" di Singapura. Masih gelap banget padahal sama-sama pukul 05.00, Surabaya sudah terang, Singapura masih agak gelap. 

 

 

 

Baca juga :

 

 

 

 

Kita pahami bahwa setiap 15 derajat bujur, ada selisih waku empat menit. Karena itu, selisih waktu Jakarta/Surabaya (WIB) dengan Greenwich (GMT) pasti tujuh jam. Makassar delapan Jam. Papua sembilan jam. 

Jadilah tiga zona waktu di Indonesia seperti kita kenal sekarang.

 

 

Lantas mengapa negara Singapura dan  Malaysia tidak mengikuti aturan ini?

 

 

Dua negara ini jelas lebih fleksibel dan cerdas. Zona waktu tidak harus GMT + 7 meskipun menurut teori harus demikian.

 

 

Dengan GMT +8, penduduk Malaysia dan Singapura lebih diuntungkan. Masuk kantor pukul 09.00 masih segar, belum panas.

 

Pulang kerja pukul 17.00 masih terang. Listrik bisa dihemat lebih banyak.

 

 

 

 

Apakah pemerintah mau menambah satu jam untuk Waktu Indonesia Barat? Singapura dan Malaysia sudah lama melakukannya dan terbukti efektif. Manfaatnya banyak sekali.

 

Dulu, Bali pun masuk WIB, kemudian dipindahkan ke WITA (Waktu Indonesia Tengah) alias disamakan dengan Singapura dan Malaysia


Singapura: GMT + 8. Jam di Singapura/Malaysia sama persis dengan Pulau Bali. Maka, wisatawan atau pebisnis yang mau terbang ke Denpasar akan sangat mudah mencocokkan waktunya.

 

 

 

Dengan waktu yang lebih cepat dari yang seharusnya (GMT +8) justru Singapura (dan Malaysia) lebih banyak mendapatkan keuntungan:

 

 

  • SATU WAKTU untuk semenanjung Malaysia, Malaysia Timur, dan Singapura, ini akan memudahkan dalam beberapa urusan, baik bisnis maupun personal. 

 

  • Zona waktu GMT +8 adalah zona waktu pusat bisnis belahan Timur dunia, zona waktu dengan penduduk terbanyak, dan kota kota penting seperti Beijing, Macau, HongKong & Taipei berada di zona ini. Hal ini jauh lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan GMT +7.

 

  • Dengan masuk zona 1 JAM LEBIH CEPAT dari seharusnya, orang orang di Malaysia dan Singapura bisa merasakan udara pagi saat berangkat kerja/sekolah, jam 7 pagi di sana persis dengan jam 6 pagi waktu Jakarta, masih fresh dan segar.

 

 

 

Bandingkan dengan jam 7 pagi di kota dengan zona waktu GMT+7  Mereka memulai aktifitas lebih awal, lebih produktif.

 

 

Ketika pulang sekolah/kantor, tidak terlalu sore (karena jam 4/5 sore di sana masih sangat terang) sehingga bisa menghabiskan waktu sore dengan rekan kerja di kafe, taman, atau sekadar menghabiskan waktu bercengkrama dengan keluarga.

 

 

 

 

Baca juga:

 

 

 

 

 

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp