Satu-satunya Desa di Singapura ! Inilah Kampong Lorong Buangkok

By. Siti Rahmawati - 23 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Negara nomor 1 di Asia Tenggara mungkin begitulah julukan yang disematkan untuk Singapura kareana memang negara kecil ini yang memang maju dalam berbagai aspek.

 

Singapura juga  merupakan negara yang terkenal dengan bangunan-bangunan modernnya. 

 

Sebut saja Gardens By The Bay atau Marina Bay Sands, dua bangunan tersebut memperlihatkan Singapura sebagai negara industri yang begitu modern.

 

 

 

Akan tetapi, apakah anda percaya jika ada desa di tengah negara dengan kehidupan urban tersebut?

 

 

Sumber gambar: kumparan.com

 

 

Di balik kemegahan gedung pencakar langit di Singapura, terdapat sebuah kampung sederhana yang masih bertahan hingga saat ini yaitu Kampong Lorong Buangkok.

 

Terletak di kawasan Hougang, Kampong Lorong Buangkok merupakan satu-satunya kampung yang masih bertahan di negara modern berpenduduk 5,7 juta orang itu.

 

 

 

Terdiri dari 26 rumah kayu satu lantai, Kampong Lorong Buangkok telah banyak dikunjungi wisatawan lokal setelah pembatasan akibat pandemi virus corona.

 

 

Dilansir dari kumparan.com menurut salah satu pemandu tur, Kyanta Yap mengatakan, untuk kunjungan akhir pekan ke Kampong Lorong Buangkok menghabiskan biaya sekitar SGD 200 atau sekitar Rp 2 juta untuk rombongan tiga orang, atau SGD 250 sekitar Rp 2,7 juta untuk empat sampai lima orang.

 

 

Baca juga :

 

 

 

 

 

Sumber gambar: kumparan.com

 

 

Kampung Lorong Buangkok merupakan satu-satunya desa yang masih ada di Singapura.

 

Layaknya mesin waktu, kamu akan menemukan lahan hijau seluas tiga hektar dan 25 rumah dengan gaya bangunan tahun 1960-an.

 

Kamu akan menjumpai rumah yang masih beratap seng dan berdinding kayu yang tersebar di sekitar surau (masjid kecil).

 

 

Selain itu, beberapa pohon khas daerah pesisir seperti ketapang juga ada.

 

Pokoknya, pemandangan di Kampung Lorong Buangkok ini sangatlah berbeda dengan daerah di sekitarnya yang begitu modern.

 

 

 

Selain itu, para penduduk lansia yang duduk di beranda mereka, kokok ayam jantan dan kicau burung seraya menambah suasana pedesaan yang menenangkan.

 

Hingga awal 1970-an, desa seperti Lorong Buangkok ini bisa ditemui di seluruh daratan Singapura.

 

 

National University of Singapore memperkirakan ada sebanyak 220 kampung yang tersebar di pulau yang sama. Hingga saat ini, Lorong Buangkok hanyalah satu-satunya desa yang tersisa.

 

 

 

Baca juga:

 

 

 

 

 

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp