Menginfakkan Harta di Jalan Allah: Cara Mudah Mencapai Kebaikan Hidup, Al Baqarah ayat 195

By. Darma Taujiharrahman - 24 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Di dalam agama Islam, salah satu ajaran yang sangat ditekankan adalah penginfakan harta di jalan Allah. Menginfakkan harta memiliki arti memberikan sebagian dari kekayaan yang kita miliki untuk kepentingan yang baik, seperti amal, sedekah, dan bantuan sosial kepada yang membutuhkan.

 

Tindakan ini tidak hanya memiliki dampak positif pada penerima manfaatnya, tetapi juga memberikan kebaikan dan berkah bagi pemberi. Menginfakkan harta di jalan Allah merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Hal ini tercermin dalam banyak ayat Al-Quran dan hadis-hadis Nabi Muhammad SAW yang mengajak umatnya untuk menjadi dermawan dan bersedekah.

 

Baca juga:

 

Menginfakkan harta di jalan Allah merupakan wujud kepatuhan terhadap perintah-Nya. Dengan melakukan ini, kita mengungkapkan ketaqwaan kita kepada Allah dan menguatkan ikatan spiritual antara hamba dan Tuhannya.

 

Melalui penginfakan harta, kita membersihkan dan menyucikan harta tersebut dari sifat serakah dan kecenderungan untuk terus-menerus mengumpulkan kekayaan tanpa memikirkan orang lain yang membutuhkannya.

 

Dijelaskan dalam Al Baqarah 195 bahwa sebaik – baiknya infak adalah yang didistribusikan dalam jalan Allah SWT.

 

وَاَنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا تُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَاَحْسِنُوْا ۛ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ

Berinfaklah di jalan Allah, janganlah jerumuskan dirimu ke dalam kebinasaan, dan berbuatbaiklah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

 

Menginfakkan harta di jalan Allah dapat dianggap sebagai investasi akhirat. Al-Quran menyebutkan bahwa pahala sedekah akan terus mengalir dan memberikan manfaat setelah kematian. Dengan demikian, tindakan dermawan kita akan menjadi modal kebaikan di dunia dan membawa pahala yang tak terhingga di akhirat.

 

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menginfakkan harta di jalan Allah. Beberapa di antaranya meliputi:

  1. Sedekah: Memberikan sebagian dari harta kita kepada yang membutuhkan melalui lembaga amal, masjid, yayasan, atau langsung kepada individu yang membutuhkan.
  2. Zakat: Membayar zakat sebagai kewajiban setiap tahun bagi mereka yang memenuhi syarat. Zakat merupakan salah satu pilar Islam dan digunakan untuk membantu fakir miskin, masyarakat yang terpinggirkan, orang-orang yang berhak menerima zakat, dan tujuan amal lainnya.
  3. Infak: Memberikan sumbangan sukarela di luar zakat untuk kepentingan umum, seperti membangun masjid, lembaga pendidikan, atau menyumbangkan dalam kampanye sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Wakaf: Mewakafkan sebagian harta benda kita untuk kepentingan umum, seperti membangun rumah sakit, panti asuhan, atau institusi pendidikan. Dengan wakaf, manfaat dari harta tersebut akan berlanjut selamanya.
  5. Bantuan Sosial: Menggunakan kekayaan kita untuk membantu masyarakat dalam situasi darurat atau bencana, serta memberikan dukungan kepada kelompok-kelompok yang membutuhkan seperti anak yatim, janda, dan orang tua terlantar.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp