Ingin Doa Dikabulkan? Berikut Janji - Janji Allah swt dalam Al Quran

By. Darma Taujiharrahman - 24 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan. Dalam momen-momen seperti itu, kita cenderung mencari pertolongan dan memohon kepada Yang Maha Kuasa agar permohonan kita dikabulkan.

 

Allah SWT, Sang Pencipta Alam Semesta, dikenal sebagai Maha Pengabul Doa yang mendengar dan mengabulkan permohonan hamba-Nya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sifat Allah SWT sebagai Maha Pengabul Doa, serta mengungkapkan keajaiban dan keagungan dari hubungan kita dengan-Nya.

 

Allah SWT adalah Dzat Yang Mahakuasa yang memiliki sifat-sifat kesempurnaan. Salah satu sifat-Nya yang penting adalah kemurahan hati dan kepedulian-Nya terhadap hamba-Nya. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Q.S. Ghafir: 60

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ ࣖ

Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina.

 

Baca juga:

 

Dalam ayat ini, Allah SWT menegaskan janji-Nya bahwa Dia akan mengabulkan doa hamba-Nya jika mereka memohon dengan sungguh-sungguh dan penuh keyakinan.

 

Allah SWT memiliki pengetahuan yang sempurna tentang kebutuhan dan keinginan setiap hamba-Nya. Terkadang, permohonan kita dikabulkan secara langsung, sesuai dengan keinginan kita. Namun, terdapat pula momen di mana doa kita tidak dikabulkan sesuai dengan harapan kita.

 

Dalam situasi seperti ini, Allah SWT dengan kebijaksanaan-Nya yang sempurna menggantinya dengan kebaikan lain yang mungkin tidak kita pahami pada awalnya. Allah SWT berfirman, Q.S. Al-Baqarah: 216.

 

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تُحِبُّوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ ࣖ

“Diwajibkan atasmu berperang, padahal itu kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu buruk bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.”

 

Dalam rangka menjadi hamba yang dekat dengan Allah SWT, penting bagi kita untuk memahami bahwa doa adalah sarana untuk berkomunikasi dengan-Nya. Ketika kita berdoa, kita harus memiliki kesabaran dan keyakinan yang kuat bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa kita pada waktu yang tepat.

 

Dalam Hal ini Allah swt menyampaikan janjinya tersebut dalam Q.S Al Baqarah 186

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

“Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

 

Selain sebagai wujud atas permohonan, doa juga memiliki arti sebagai wujud pertaubatan pertaubatan. Dalam artian lain juga dijelaskan bahwa arti doa adalah merupakan ibadah. Yang aetinya bahwa Allah swt akan selalu senantiasa menerima pertaubatan dan ibadah hambanya.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp