Korbankan Hartamu, Wujud Taqwamu!!! Perintah Ritual Ibadah Kurban, Al Hajj 34 - 35

By. Darma Taujiharrahman - 25 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Ritual ibadah kurban merupakan salah satu praktik penting dalam agama Islam. Setiap tahunnya, umat Muslim di seluruh dunia merayakan Idul Adha 10 Dzulhijjah dengan melaksanakan kurban sebagai bentuk pengabdian dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Berikut ini adalah perintah-perintah ritual ibadah kurban dalam Islam.

 

Ibadah kurban dilaksanakan sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT dan mengikuti jejak Nabi Ibrahim AS. Kurban memiliki makna yang mendalam, yaitu kesediaan untuk mengorbankan apa pun yang dimiliki demi mengikuti perintah Allah dan mengharapkan keridhaan-Nya.

 

Adapun syarat-syarat hewan yang sah untuk dijadikan kurban adalah sebagai berikut:

 

Baca juga:

 

  1. Hewan kurban harus memenuhi kriteria tertentu, seperti berumur minimal dua tahun dan berjenis kelamin jantan pada kambing atau domba, sedangkan pada sapi berumur minimal tiga tahun.
  2. Hewan kurban harus sehat, tidak cacat, dan tidak memiliki kekurangan yang signifikan.
  3. Hewan kurban harus dimiliki secara sah oleh orang yang akan menyembelihnya.

 

Perintah untuk melaksanakan kurban dijelaskan pada Q.S Hajj ayat 34 – 35. Perintah tersebut merupakan wujud ujian nafsu bagi seseorang tentang apakah dia benar-benar taat dengan perintah Allah swt dengan mau untuk mengorbankan hartanya demi kemaslahatan / kesejahteraan social.

 

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَ ۙ الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِرَ اللّٰهُ وَجِلَتْ قُلُوْبُهُمْ وَالصّٰبِرِيْنَ عَلٰى مَآ اَصَابَهُمْ وَالْمُقِيْمِى الصَّلٰوةِۙ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ

“34. Bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban) agar mereka menyebut nama Allah atas binatang ternak yang dianugerahkan-Nya kepada mereka. Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa. Maka, berserahdirilah kepada-Nya. Sampaikanlah (Nabi Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang rendah hati lagi taat (kepada Allah). 35. (Yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah, hati mereka bergetar, sabar atas apa yang menimpa mereka, melaksanakan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.”

 

Adapun berbagai hikmah dan nilai-nilai dari dilaksanakannya ritual ibadah kurban adalah sebagai berikut:

  1. Ketakwaan dan pengabdian kepada Allah: Ibadah kurban merupakan bentuk pengabdian dan ketaqwaan kepada Allah, mengingat ketaatan Nabi Ibrahim AS.
  2. Kepedulian sosial: Pembagian daging kurban mengajarkan solidaritas sosial dan kepedulian terhadap sesama, terutama kepada mereka yang membutuhkan.
  3. Pengorbanan dan kesediaan: Kurban mengajarkan nilai pengorbanan dan kesediaan untuk melepaskan apa yang kita cintai demi mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  4. Rasa syukur: Melalui kurban, umat Muslim diingatkan untuk mensyukuri nikmat Allah dan berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

 

Dalam Islam, ibadah kurban merupakan perintah yang harus dilaksanakan oleh umat Muslim yang mampu secara finansial. Ibadah ini memiliki nilai-nilai agung dan mengajarkan berbagai hikmah yang penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti pengorbanan, rasa syukur, dan kepedulian sosial. Melalui ibadah kurban, umat Muslim diingatkan akan pentingnya ketaqwaan kepada Allah dan kebersamaan dengan sesama manusia.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp