Tidak Asal-asalan dan Tidak Berlebihan, Inilah Keutamaan Ahlul Bait dan Apa yang Wajib Bagi Mereka !

By. Siti Rahmawati - 25 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Ahlul bait adalah keluarga nabi yang diharamkan untuk menerima shodaqoh.

 

Mereka dalah keluarga Ali, Keluarga Ja’far, Keluarga Aqil, Keluarga Al-Abbas, Keturunan al-Harits bin Abd Muthalib serta istri-istri nabi dan keturunan beliau.

 

 

Sumber gambar: its.ac.id

 

 

Hal ini berdasarkan firman Allah SWT,

 

وَقَرْنَ فِى بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ ٱلْجَٰهِلِيَّةِ ٱلْأُولَىٰ ۖ وَأَقِمْنَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتِينَ ٱلزَّكَوٰةَ وَأَطِعْنَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥٓ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ ٱلرِّجْسَ أَهْلَ ٱلْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

 

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.”

 

(Q.S Al-Ahzab : 33)

 

 

Sebagai Muslim kita harus menghormati sekaligus mencintai keluarga dan keturunan Rasulullah yang disebut Ahlul Bait.

 

 

Baca juga:

 

 

 

 

 

Rasulullah memang mengimbau agar umatnya menghormati dan mencintai keluarga dan keturunannya.

 

 

Hal ini karena Ahlul Bait memang memiliki kemuliaan tersendiri sebagai kerabat Rasulullah.

 

 

 Namun apabila di antara mereka ada yang menyimpang dari jalan leluhurnya, hendaklah ada yang menasihatinya. 

 

 

Menghormati dan mencintai Ahlul Bait bukan saja karena kekerabatan mereka dengan Rasulullah, tetapi juga karena Allah telah memerintahkan kepada beliau untuk berseru kepada umatnya agar mencintai kerabat beliau.

 

 

 Dengan kata lain perintah untuk mencintai Ahlul Bait merupakan perintah dari Allah SWT. Rasulullah sebagai pemimpin kaum Muslimin tidak meminta balasan apa pun dari umatnya kecuali kecintaan mereka kepada keluarga dan keturunan beliau. 

 

Namun Sayyid Abdullah Al-Haddad mengingatkan agar dalam memberikan penghormatan dan kecintaan kepada Ahlul Bait, kaum Muslimin bersikap wajar dan tidak berlebih-lebihan.

 

 

Hal ini sebagaimana ditegaskannya dalam kutipan berikut:

 

 فعلى كافة المسلمين أن يعتقدوا حبّهم ومودتهم، وان يوقّروهم ويعظّموهم من غير غلوّ ولا إسراف.

 

 

 Artinya: “Seluruh kaum Muslimin hendaknya memastikan kecintaan dan kasih sayang mereka kepada Ahlul Bait, serta menghormati dan memuliakan mereka secara wajar dan tidak berlebih-lebihan.”

 

 

 

Baca juga:

 

 

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp