Jangan Kufur Nikmat!!! Wakaf Sebagai Jihad Harta Capai Kesejahteraan Sosial, Ali Imran ayat 92

By. Darma Taujiharrahman - 26 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Wakaf adalah salah satu bentuk amal jariyah yang memiliki peran penting dalam membangun kemandirian bangsa dan negara, khususnya umat Islam. Wakaf dapat diartikan sebagai memisahkan dan/ menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya, guna keperluan ibadah dan/ kesejahteraan umum menurut Syariah.

 

Wakaf memiliki fungsi dan peran sosial-ekonomi yang sangat penting dalam memajukan kesejahteraan sosial. Aset wakaf dan dana wakaf tunai (wakaf uang) digunakan untuk membiayai dan mengembangkan aset wakaf sebagai fasilitas/layanan publik dan komersial di mana hasil atau manfaat dari kegiatan komersialnya digunakan untuk mendanai layanan public.

 

Baca juga:

 

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتّٰى تُنْفِقُوْا مِمَّا تُحِبُّوْنَ ۗوَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ شَيْءٍ فَاِنَّ اللّٰهَ بِهٖ عَلِيْمٌ

“Kamu sekali-kali tidak akan memperoleh kebajikan (yang sempurna) sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Apa pun yang kamu infakkan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui tentangnya.” Q.S Ali Imran ayat 92

 

Pada ayat sebelumnya dijelaskan bahwa orang yang meninggal dalam kekufuran, maka sebesar apa pun harta dan infak yang mereka keluarkan, tidak akan bisa dijadikan tebusan agar mereka bebas dari azab Allah.

 

Pada ayat ini dijelaskan tentang harta dan infak yang bermanfaat hendaknya harta yang dicintai, karena kamu tidak akan memperoleh kebajikan yang paling utama dan sempurna sebelum kamu menginfakkan, dengan cara yang baik dan tujuan yang benar, sebagian harta yang kamu cintai, yang paling bagus dari apa yang kamu miliki.

 

Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui niat dan tujuan kamu berinfak, apakah karena ingin dipuji atau dilihat orang (riya), ingin dipuji orang yang mendengar (sum’ah), atau semata-mata karena Allah. Jika infak dilaksanakan hanya karena Allah maka Allah akan membalasnya dengan kebaikan di dunia maupun akhirat.

 

Wakaf juga memiliki manfaat sosial yang sangat besar, antara lain:

  1. Sarana Ibadah: Wakaf dapat digunakan untuk membangun masjid, mushalla, dan tempat ibadah lainnya yang dapat digunakan oleh masyarakat.
  2. Sarana Pendidikan: Wakaf dapat digunakan untuk membangun sekolah, pesantren, dan universitas yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
  3. Sarana Kesehatan: Wakaf dapat digunakan untuk membangun rumah sakit, klinik, dan puskesmas yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan.
  4. Sarana Sosial: Wakaf dapat digunakan untuk membangun panti asuhan, panti jompo, dan lembaga sosial lainnya yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan social

 

Wakaf juga dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi di masyarakat. Dengan adanya wakaf, masyarakat yang kurang mampu dapat memanfaatkan fasilitas/layanan publik yang disediakan oleh wakaf tanpa harus membayar biaya yang mahal. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mengurangi kemiskinan

 

Dalam sejarah peradaban Islam, wakaf telah memiliki peran yang sangat penting dalam langkah-langkah meningkatkan kesejahteraan umat. Oleh karena itu, potensi wakaf untuk mensejahterakan umat perlu ditingkatkan. Dalam konteks Indonesia, wakaf telah mendapat pengaturan secara khusus dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia.

 

Dalam rangka mencapai kesejahteraan sosial, peran wakaf sangat penting. Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya wakaf dan memanfaatkan wakaf dengan baik untuk memajukan kesejahteraan sosial.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp