Baca Sebelum Tidur!! 5 Keutamaan Surat Al-Ikhlas

By. Dewi Savitri - 26 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Surat Al-Ikhlas termasuk surat pendek yang terdiri dari 4 ayat dalam Juz ke 30 Al-Qur’an yang popular. Hampir setiap umat muslim hafal surat Al-Ikhlas. Surat Al-Ikhlas memiliki arti memurnikan keesaan Allah SWT. Surat ini termasuk kedalam golongan surat Makkiyah atau surat yang diturunkan di Kota Makkah. Surat Al-Ikhlas diturunkan setelah surat An-Nas.

 

Surat Al-Ikhlas memiliki beberapa keutamaan, antara lain yaitu:

 

Baca Juga: Keutamaan Surat Al-Kahfi, Jangan Lupa Baca Surat Ini Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal

 

1. Setara dengan Sepertiga Al-Qur’an

 

Meskipun surat Al-Ikhlas adalah surat pendek dalam Al-Qur’an namun, surat Al-Ikhlas memiliki kandungan yang sangat besar. Bahkan surat ini sebandung dengan sepertiga Al-Qur’an. Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Abu Sa’id Al Khudri yang artinya:

 

“Rasulullah SAW bersabda ‘Demi (Allah) yang jiwaku ditangan-Nya, sesungguhnya surat Al-Ikhlas sebanding (dengan) sepertiga Al-Qur’an’.”

 

Surat Al-Ikhlas mengandung nama-nama serta sifat-sifat Allah yang menggambarkan keesaan dan kebesaran Allah SWT. Dalam kitab Fathul Baari, Al-Qur’an terbagi menjadi tiga bagian yaitu tauhid, hukum syariat islam, dan berita tentang makhluk. Menurut para ulama membaca surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali setara dengan membaca seluruh Al-Qur’an.

 

2. Mendapat Cinta Allah

 

Orang yang membaca surat Al-Ikhlas dengan penuh penghayatan dapat meresapi keberadaan Allah Yang Maha Esa. Kita akan sadar bahwa memang tempat kita bergantung hanya kepada Allah SWT dan tidak ada sekutu baginya. Keyakinan itu yang seharusnya dimiliki oleh setiap umat muslim yang sudah ikhlas berserah diri kepada Allah SWT.

 

3. Menambah Rezeki

 

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani dari Jarir bin Abdillah yang artinya, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca Qul Huwallahu Ahad (Surat Al-Ikhlas) ketika memasuki rumahnya, maka kefakiran akan hilang dari penghuni rumah tersebut dan dari tetangganya.”

 

Baca Juga: Jum'at Berkah, Ini Dia Keutamaan Hari Jum'at dalam Islam

 

Dikutip dari umma.id, ada riwayat lain dari oleh Abu Musa Al-Madini dari Sahl bin Sa’ad mengisahkan bahwa dahulu ada seorang yangmengadu kepada Rasulullah SAW mengenai kefakiran dan kesulitan ekonominya. Kemudian, Rasulullah SAW berkata padanya, “Jika kamu masuk rumah ucapkanlah salam jika ada seseorang didalamnya. Jika tidak ada seseorang maka ucapkanlah salam padauk dan bacalah Qul Huwallahu Ahad satu kali.” Kemudian orang tersebut mnegerjakan perintah Rasulullah SAW, tidak lama Allah memberinya banyak rezeki kepadanya hingga melimpah kepada tetangganya.

 

4. Masuk Surga

 

Membaca surat Al-Ikhlas dengan penuh penghayatan dapat menjadi sebab seseorang masuk surga.

 

“Dari Abu Hurairah R.A, suatu hari dia sedang bersama Rasulullah SAW, lalu mendengar seseorang membaca surat Al-Ikhlas, kemudian Rasulullah SAW bersabda ‘Telah Wajib’ Abu Haurairah bertanya, ‘Apa yang wajib?’ Rasulullah SAW menjawab ‘(teah wajib baginya) surga’.” (HR Tirmidzi)

 

5. Menjadi Pelindung

 

Membaca surat Al-Ikhlas bersama dengan surat An-Nas dan Al-Falaq akan menjadi pelindung kita dengan izin Allah. Surat Al-Ikhlas tidak hanya dapat menjadi pelindung kita saat dalam keadaan sadar namun ketiga surat tersebut dapat menjadi pelindung saat kita tertidur. Rasulullah SAW terbiasa membaca ketiga surat tersebut sebelum tidur.

 

“Dari Aisyah RA, sesungguhnya apabila Rasulullah SAW ingin merebahkan tubuhnya (tidur) di tempat tidurnya setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya, kemudian beliau sedikit meludah padanya sambil membaca surat ‘Qul Huwallahu Ahad’, ‘Qul A’udzu bi Rabbi Naas’, dan ‘Qul A’udzu bi Rabbil Falaq,’ kemudian, beliau mengusapkan kedua telapak tangannya ke seluruh tubuhnya yang dapat beliau jangkau. Beliau memulai dari kepala, wajah, dan bagian depan tubuhnya dan melakukannya sebanyak tiga kali” (HR Bukhari).

 

Baca Juga: Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua dalam Islam: Menjaga Hubungan dengan Allah melalui Orang Tua

 

Itulah  beberapa keutamaan surat Al-Ikhlas, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah informasi bagi Sobat Batemuri sekalian!

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp