Liburan ke Thailand? Kunjungi 5 Masjid Bersejarah di Thailand dan Nikmati Pengalaman yang Menyenangkan!!

By. Dewi Savitri - 26 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Thailand adalah negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Buddha. Meskipun demikian, Thailand memberikan kebebasan beragama kepada rakyatnya. Selain Buddha, Islam merupakan agama yang juga banyak dianut oleh masyarakat Thailand. Oleh karena itu, banyak masjid yang dapat kamu jumpai jika berkunjung ke Thailand salah satunya di Bangkok.

 

Baca Juga: Jum'at Berkah, Ini Dia Keutamaan Hari Jum'at dalam Islam

 

Beberapa masjid di Bangkok memiliki gaya arsitektur khas Islam dan Thailand yang memukau. Masjid-masjid ini bahkan ada yang sudah berumur ratusan tahun. Untuk informasi lanjut, ini dia beberapa masjid yang wajib kamu kunjungi saat di Bangkok:

 

1. Masjid Tonson

 

Masjid Tonson merupakan masjid bersejarah di Thailand yang berlokasi di 447 Thanon Arun Amarin, Khwaeng Wat Arun, Khet Bangkok Yai, Bangkok10600, Thailand. Dulunya, masjid ini dikenal dengan nama Kudi Yai.

 

Masjid Tonson terbuat dari pohon jati dan memiliki gaya arsitektur yang menyerupai wihara Buddha. Terdapat mimbar atau biasa disebut dengan mimbun yang berisi kaligrafi Arab dan gambar Ka’bah. Diluar bangunan masjid terdapat beberapa makam para pemuka agama Islam di Thailand.

 

2. Masjid Bang Luang

 

Selanjutnya yaitu Masjid Bang Luang yang juga dikenal dengan nama Kudi Khao. Masjid ini merupakan masjid bersejarah yang dibangun sekitar tahun 1780an. Masjid ini terletak di 151, Soi Arun Amarin 7, Wat Kanlaya, Thonburi, Bangkok.

 

Masjid Bang Luang merupakan satu-satunya masjid yang dibangun dengan batu bata pada masanya. Masjid ini merupakan masjid yang bergaya tradisional Thailand yang memadukan seni Eropa dan China. Masjid ini tampak apik dengan cat putih yang membaluri bangunan Ibadah dengan seni Islam dan Thailand.

 

3. Masjid The Foundation of Islamic Centre of Thailand

 

Baca Juga: Jauh Dari Fakir!! Ini Dia 5 Keutamaan Surat Pembawa Rizki, Al-Waqiah

 

Foundation of Islamic Centre of Thailand (FICT) adalah sebuah organisasi yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menampung segala aspirasi kaum muslimin di Thailand. Masjid ini berdiri pada tahun 1984 dengan dana yang dikumpulkan dari para donatur, bantuan luar negeri, dan pemerintah Kerajaan Thailand.

 

Masjid ini treletak di Jalan Ramkhamhaeng No.87/2, Suanluang, Bangkok. Berdiri di lahan seluas 16.976 meter persegi, masjid ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah namun juga memiliki toko buku, perpustakaan, dan kantin yang khusus menjual makanan halal.

 

4. Masjid Haroon

Masjid Haroon merupakan salah satu masjid yang juga terkenal di Bangkok. Masjid ini dibangun sekitar pada abad ke-19 M oleh pemuka agama Islam keturunan Arab yang berasal dari Indonesia. Masjid ini dulu dikenal dengan nama Masjid Ton Shamrong. Saat ini masjid ini diberi nama sesuai dengan nama pendirinya yaitu Haroon Bafadel.

 

Pada awalnya, masjid ini dibuat dari kayu dan memiliki rancangan dalam gaya arsitektur khas Jawa-Ayutthaya. Namun, pada tahun 1934, masjid ini mengalami pembaharuan pembangunan menggunakan bata kapur sehingga bentuknya berubah seperti sekarang. Keunikan masjid ini terletak pada banyaknya ukiran ayat suciu Al-Qur’an serta kubah yang berwarna hijau.

 

5. Masjid Ban Oou

 

Masjid Ban Oou menjadi salah satu masjid tertua di Bangkok. Masjid ini dibangun pada tahun 1912, yang saat ini ditetapkan sebagai cagar budaya di kota Bangkok. Masjid Ban Oou cukup mudah dijangkau karena letaknya ada di 63 Soi Charoen Krung 46, Bangrak, Bangkok.

 

Baca Juga: Dari Pantai Hingga Wisata Religi, Ini Dia 6 Destinasi Wisata di Aceh yang Harus Kamu Kunjungi

 

Saat mengunjungi Masjid Ban Oou, kamu akan melihat barang-barang antik berharga milik masyarakat muslim. barang antik tersebut yaitu daf tua dan gendang bingkai yang berusia 100 tahun yang lalu. Daf tua ini dulunya digunakan sebagai alat untuk mengumumkan waktu ibadah. Karena letaknya tidak jauh dari pasar Charoen Krung, membuat masjid ini terkenal dengan Kawasan komunitas Inslam yang menjual banyak makanan halal.

 

Itulah beberapa masjid di Bangkok Thailand yang wajib kamu kunjungi apabila kamu berlibur di Thailand. Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp